MotoGP 2018

Crutchlow: Winglet Hanya Membuang-buang Uang

Krisna Octavianus    •    01 Maret 2018 10:47 WIB
MotoGP 2018
Crutchlow: Winglet Hanya Membuang-buang Uang
Cal Crutchlow (Foto: AFP/MOHD RASFAN)

Doha: Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow skeptis dengan tim-tim yang rela melakukan penelitian dan pengembangan untuk winglet. Menurutnya, semuanya itu hanya membuang-buang uang.

Beberapa tim melakukan riset dan pengembangan soal sayap di motor atau winglet untuk mendapatkan kecepatan tertinggi. Honda, Ducati, dan Yamaha memiliki bentuk winglet berbeda-beda.

Ducati yang pertama memperkenalkan winglet dua tahun lalu. Dirasa bagus, tim-tim lain kemudian mengikuti rancangan tersebut.

Namun, Crutchlow tampaknya tidak senang dengan pengunaan winglet pada MotoGP jelang musim 2018. Baginya, winglet hanya membuang-buang uang dan motor tanpa sayap bisa berlari lebih cepat.

"Kami harus mengatakan bahwa Honda telah melakukan pekerjaan dengan baik, saya tercepat (hari pertama tes di Buriram), Dani Pedrosa dan Marc Marquez tercepat (pada hari kedua, dan kemudian Pedrosa tercepat pada hari ketiga)," kata Crutchlow saat tes Thailand.

"Untuk motor tanpa sayap saya pikir kita bisa menghemat jumlah anggaran yang fantastis dan masih melaju dengan cepat," lanjutnya.

"Ini menunjukkan bahwa kami tidak membutuhkan sayap untuk melaju dengan cepat. Kami menggunakan (sayap) di Malaysia hanya untuk mencoba, tetapi semua saat tercepat kami ada di sana tanpa itu (sayap). Semua saat tercepat kami di sini tidak ditentukan oleh sayap," sambungnya.

"Buang-buang uang!" Crutchlow menegaskan.

Pembalap asal Coventry itu musim lalu finis di peringkat kesembilan klasemen pembalap dengan 112 poin. Dia hanya berhasil satu kali naik podium pada 2017. (Crash)

Video: Sejumlah Sarana Pendukung Belum Ada di Venue Cabor Boling
 


(KRS)