MotoGP 2018

Penggunaan Sayap: Ducati-Honda Lulus, Yamaha Butuh Perubahan

A. Firdaus    •    05 Februari 2018 10:40 WIB
MotoGP 2018
Penggunaan Sayap: Ducati-Honda Lulus, Yamaha Butuh Perubahan
Winglet yang digunakan Yamaha butuh perubahan (Foto: AFP)

Sepang: Pada tes pramusim di Sirkuit Sepang awal pekan lalu, para tim melakukan penggunaan winglet atau sayap. Mereka adalah Ducati, Honda, dan Yamaha.

Selain mengetes sejauh mana kesiapan mesin motor yang digunakan, ketiga tim besar itu juga menerapkan penggunaan winglet. Menariknya dari ketiga tim tersebut, ternyata memiliki desain yang berbeda-beda.

Pakar teknisi MotoGP, Craig Scarborough meengaku terkesan dengan desain yang dilakukan Ducati dan Honda. Sementara Yamaha membutuhkan perubahan.

Klik di sini: Gresik Petrokimia Gagal Sapu Bersih Kemenangan pada Seri Ketiga

"Yamaha memiliki setting yang sangat sedikit berbeda dan ini jauh lebih panjang di motor. Direktur Teknik MotoGP, Danny Aldridge juga tidak senang dengan desain ini dan telah meminta Yamaha untuk membuat beberapa perubahan," ujar Scarborough.

"Jadi, Yamaha punya sedikit pekerjaan yang harus dilakukan hanya untuk memastikan mereka memenuhi apa yang mereka harapkan dari peraturan ini," terangnya.

Klik di sini: Hasil Lengkap Final India Open 2018

Sebenarnya penggunaan winglet tetap dilarang digunakan pada MotoGP 2018. Cuma, para pabrikan mengakalinya dengan melakukan inovasi sayap internal, alias menyatu dengan tubuh motor.

Hal tersebut dibenarkan oleh Aldridge yang menganggap tidak ada batasan untuk mengubah ukuran dan bentuk dalam winglet internal. Sebab peraturan hanya berlaku untuk bentuk eksternal bodi.

Jadi Yamaha punya sedikit pekerjaan yang harus dilakukan sebelum balapan resmi digelar di Sirkuit Losail Qatar. Hal itu demi memastikan mereka memenuhi apa yang mereka harapkan dari peraturan ini.

Piala Davis, Indonesia Menyerah 1-4 dari Filipina



(FIR)