MotoGP 2017

Marquez Sulit Jelaskan Mengapa Sering Terjatuh

A. Firdaus    •    14 November 2017 12:10 WIB
motogp 2017
Marquez Sulit Jelaskan Mengapa Sering Terjatuh
Pembalap Repsol Honda MArc Marquez (Foto: AFP)

Valencia: Marc Marquez memang telah mengklaim juara dunia MotoGP 2017. Pembalap Repsol Honda itu memastikan juara usai unggul 37 poin dari Andrea Dovizioso di balapan MotoGP Valencia, akhir pekan lalu.

Tapi sepanjang pegelaran musim 2017, Marquez tak jarang mengalami insiden. Statistik mencatat, pembalap berjuluk Baby Alien itu telah mengalami 27 kali terjatuh.

Lebih rinci lagi, mayoritas insiden terjatuhnya Marquez didapat saat menjalani latihan. Sementara saat balapan, ia tercatat telah mengalami tiga kali gagal finis gara-gara terjatuh.

Klik di sini: Kasad Tinjau Pelatnas Judo di Dojo Ciloto

Tak ayal banyak yang mempertanyakan, mengapa Marquez begitu mudahnya terjatuh. Pembalap asal Spanyol itu pun coba menelaah dan mempelajari mengapa ia sering mengalami insiden, meski tak merugikannya.

"Ban baru itu sedikit lebih membantu untuk keselamatan bagi semua pengendara, karena Anda melihat bagian pertama musim ini, empat atau lima balapan pertama, ada banyak kecelakaan aneh. Jadi ini adalah bantuan kecil untuk semua pembalap dan ini membantu peningkatan tingkat untuk semua pembalap," ujar Marquez.

"Setelah Le Mans, kami melakukan tes di Montmelo (GP Catalunya) dan kami mencoba sasis lain. Ini bukan sasis baru. Ini adalah spesifikasi lain yang digunakan oleh Cal Crutchlow dan pembalap Honda lainnya," terangnya. 

Klik di sini: Pasangan Kevin/Marcus Siap Pertahankan Gelar Tiongkok Open

Marquez mengatakan bahwa dia merasa sulit untuk menjelaskan apa yang dia dapatkan ketika memacu motornya yang sering terjatuh. Tapi bagaimanapun, rider berusia 24 tahun itu coba mengambil pelajaran di setiap insiden yang dia alami.

"Selama latihan saya mengalami banyak kecelakaan tapi saya belajar sesuatu dan pembalap lain bisa terselamatkan dari tabrakan. Saya mengalami kecelakaan 27 kali, tapi saya sudah hampir menabrak pembalap lain mungkin 50 kali," katanya.

"Saya tidak tahu bagaimana saya bisa menjelaskan tapi itu memberi saya feeling pada motor, dengan 27 kecelakaan itu Anda bisa mengerti banyak hal. Tentu saja saya ingin memperbaiki masa depan dan mencoba untuk menjadi level yang sama, tapi lebih aman," tegasnya. (Crash)

Detroit Pistons Rebut Kemenangan dari Miami Heat
 


(ASM)