Dani Pedrosa Pensiun

Honda Buka Peluang Pertahankan Pedrosa

M. Rizky Adhestian    •    15 Juli 2018 16:04 WIB
MotoGP 2018
Honda Buka Peluang Pertahankan Pedrosa
Dani Pedrosa (Foto: AFP PHOTO / Robert MICHAEL)

Sachsenring: Tim MotoGP Repsol Honda berencana menjadikan Dani Pedrosa sebagai rider tes mereka. Namun, tim pabrikan asal Jepang tersebut tidak mendesak sang rider untuk memenuhi posisi tersebut.

Pada Kamis 12 Juli lalu, Pedrosa mengumumkan bahwa ia akan gantung sarung tangan akhir musim 2018 ini. Posisinya di Honda juga sudah pasti akan digantikan Jorge Lorenzo musim depan.

Pembalap asal Spanyol tersebut sebelumnya digadang-gadang akan menjadi rider tim satelit pendatang baru dari Malaysia, SIC Yamaha. Namun, Pedrosa memilih untuk mengakhiri kariernya yang ia geluti sejak 2006.

Baca: Bukan Kemenangan yang Diincar Marquez pada MotoGP Jerman

Pedrosa mengatakan ingin tetap bekerja di paddock MotoGP untuk beberapa kapasitas. Kebetulan, ada lowongan test rider untuk pemenang 31 balapan MotoGP tersebut. Namun, bos Honda, Alberto Puig, menyerahkan seluruh keputusan pada Pedrosa.

"Kami berbicara tentang kisahnya, itu selalu menarik. Untuk hal ini, dia tahu pilihan yang diberikan Honda," kata Puig dikutip Motorsport.

"Apabila dia masih mau lanjut sebagai pembalap tes, tapi kami masih belum tahu, karena itu adalah hidupnya, itu jadi keputusannya. Terserah dia," sambungnya.

Pedrosa merupakan jebolan asli Honda sejak memulai kariernya di kelas terendah 125cc pada 2001, dan tidak pernah berganti tim. Ia juga telah dua kali memenangkan kejuaraan 250cc.




(FIR)