MotoGP Belanda 2018

Dramatis, Marquez Rebut Podium Utama GP Belanda

Kautsar Halim    •    01 Juli 2018 22:00 WIB
MotoGP 2018
Dramatis, Marquez Rebut Podium Utama GP Belanda
Marc Marquez. (AFP PHOTO / ANP / Vincent Jannink)

Assen: Marc Marquez berhasil menjuarai MotoGP Belanda 2018 yang berlangsung sengit dan dramatis di Sirkuit Assen, Minggu 1 Juli. Tren positif itu membuat sang juara bertahan tentu makin nyaman di puncak klasemen dan terdapat rekor baru yang nyaris pecah.

Kemenangan di GP Belanda membuat Marquez menyamai rekor Casey Stoner yang memegang rekor naik podium sebanyak 69 kali. Selain itu, Marquez juga berada di puncak klasemen sementara dengan selisih 41 poin dari rival terdekatnya.

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, berhasil menyegel podium kedua setelah menyalip Maverick Vinales pada lap terakhir. Sementara itu, Andrea Dovizioso mampu merebut posisi keempat untuk meninggalkan Valentino Rossi di posisi kelima.

Klik: Menpora Berencana Mematenkan Sirkuit Pangkalpinang

Jalannya balapan berlangsung dramatis dengan adegan salip menyalip di deretan pembalap papan atas. Bahkan, Lorenzo yang finis kedelapan sempat memberikan perlawanan dan menyulitkan pembalap lainnya ketika start baru dimulai.

Lorenzo sempat memimpin balapan dan mengasapi Marquez, Dovizioso, Rins, Rossi dan Vinales. Namun posisi itu tidak bertahan lama ketika X-Fuera menaklukkan tikungan pertama pada putaran ke-12. Saat itu, ia malah melebar dan langsung disalip para pembalap di belakanganya.

Persaingan makin dramatis saat balapan tersisa sembilan putaran. Para peserta di urutan lima terdepan mulai menemukan rival duelnya dan aksi salip menyalip yang mendebarkan tak jarang terjadi. 

Klik: Indonesia Siap Cetak Rekor Dunia Poco-poco

Rossi sempat bertarung dengan Dovizioso untuk masuk deretan tiga besar. Sementara itu, Vinales bertarung habis-habisan dengan Rins untuk mengejar Marquez yang berada di urutan terdepan.

Vinales dan Rins sempat menyalip Marquez ketika saling bersaing. Namun, Baby Alien mau bersabar untuk mencuri kesempatan pada putaran akhir. Alhasil, Marquez bisa menyentuh garis finis lebih cepat 1,4 detik ketimbang Rins yang berada di urutan kedua.

Berikut hasil lengkap MotoGP Belanda


 



(KAU)