MotoGP Valencia

Rossi Nikmati Duel Seru Dengan Iannone

Ahmad Garuda    •    14 November 2016 10:32 WIB
motogp valencia
Rossi Nikmati Duel Seru Dengan Iannone
Valentino Rossi nikmati pertarungan dengan Andrea Iannone di MotoGP Valencia. Yamaha

Metrotvnews.com, Valencia: Ketika Jorge Lorenzo sangat menikmati jalannya balapan di posisi terdepan, Valentino Rossi justru menikmati pertarungannya dengan Andrea Iannone. Menurutnya, MotoGP Valencia (13/11/2016) jadi salah satu pertarungan terbaiknya di musim kompetisi 2016.

Meski kecewa karena tak mampu meraih posisi finish di podium, tapi raut kesenangan mengakhiri musim ini dengan performa terbaik di wajahnya, tak bisa Ia tutupi.

"Kami bertarung dengan sangat ketat sejak mengawali balapan hingga akhir. Bahkan pertarungan seperti ini membuat kami jadi lebih termotivasi. Di beberapa lap, saya sempat berada di depannya, namun kecepatan Ducati di trek lurus sangat baik dan membuat kami kehilangan momentum," cerita Rossi.

Salah satu hal yang menurut Rossi menjadi kelemahannya di sesi race MotoGP Valencia adalah pemilihan kompon ban medium di bagian depan. Ia memilih kompon tersebut karena mnganggap temperatur trek takkan tinggi dan Ia tak begitu nyaman menggunakan kompon ban keras. Namun kondisi sebaliknya malah terjadi dan Ia tak bisa tampil kompetitif di akhir balapan.

Ia juga menilai performa Marc Marquez di laga kali ini, sempurna. Ia menunggu waktu tepat untuk mengejar pembalap terdepan. Seandainya saja jika Ia lebih cepat menyusul Iannone dan Rossi, kemungkinan Ia bisa menyusul Lorenzo yang berada di depan. "Honda dan Ducati sekarang lebih ramah menggunakan kompon ban. Sehingga di paruh kedua balapan, mereka bisa tampil konsisten bahkan leibh cepat."

"Kalau soal gaya balap yang agresif, saya dan Iannone sama-sama agresif. Masing-masing pembalap memainkan kartunya dan saya memanfaatkan banyak momentum tikungan ke kanan karena merasa lebih baik di zona ini. Tapi temperatur yang lebih tinggi dari prediksi awal, membuatku kesulitan di akhir balapan. Terutama di bagian kanan ban. Saya sudah melakukan segala macam cara untuk menyusul Iannone, tapi itu percuma saja. Secara keseluruhan, balap kali ini sangat menyenangkan."

Rossi finish 11 detik di belakang rekan setimnya yaitu Jorge Lorenzo yang memenangi balapan. Tapi Ia senang karena berhasil memberikan tontonan terbaik saat balapan berlangsung.


(UDA)