MotoGP Republik Ceko

Ducati Dominan, Dovizioso Juara MotoGP Republik Ceko

Patrick Pinaria    •    05 Agustus 2018 21:02 WIB
MotoGP 2018
Ducati Dominan, Dovizioso Juara MotoGP Republik Ceko
Andrea Dovizioso (Foto: AFP/Lluis Gene)

Brno: Para pembalap Ducati mampu tampil impresif pada MotoGP Republik Ceko, Minggu 5 Agustus. Andrea Dovizioso sukses keluar sebagai juara, sedangkan Jorge Lorenzo finis sebagai runner-up.

Dovizioso cukup kesulitan untuk meraih kemenangan tersebut. Ia harus bersaing ketat dengan Valentino Rossi, dan Marc Marquez.

Bahkan, pertarungan sengit sudah dirasakan Dovizioso sejak awal balapan. Ia sempat disalip Rossi. Namun, pembalap asal Italia tersebut mampu merebut posisi terdepan dari Rossi pada tikungan ke-13. Sementara itu, Marquez mencoba membayangi kedua pembalap tersebut dari posisi ketiga.

Baca: INASGOC Gelar Upacara Pengukuhan Kontingen Tim Indonesia untuk Asian Games 2018

Nasib apes harus dialami Maverick Vinales. Ia dipastikan tidak bisa melanjutkan balapan lagi pada putaran ketiga. Itu terjadi setelah mengalami insiden dengan Bradley Smith dan Stefan Bradl.

Pada lap kedelapan, Rossi berhasil merebut posisi terdepan dari Dovizioso. Pada saat bersamaan, Marquez juga berhasil merebut posisi ketiga dari Lorenzo.

Dovizioso tidak lantas patah arang. Pada lap ke-11, ia sukses kembali ke posisi terdepan melewati Rossi.

Performa Rossi mendadak menurun. Pada putaran ke-15, ia merosot ke peringkat keempat. Sedangkan posisi tiga besar dipegang oleh Dovizioso, Marquez, dan Cal Crutchlow.

Baca: Jadi Tuan Rumah, Atlet Jetski Ini Mengaku Terbeban

Menjelang akhir balapan, balapan semakin terasa memanas. Terutama pada perebutan posisi ketiga. Tepat pada lap ke-19, Lorenzo berhasil merebut posisi ketiga dari Crutchlow. Kemudian, ia berhasil menyalip Marquez di posisi kedua menjelang akhir balapan.

Sementara itu, Dovizioso semakin nyaman dan terus mempertahankan posisi pertama hingga finis. Untuk posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Lorenzo dan Marquez.

Dengan kemenangan ini, Dovizioso naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi 113 poin. Kini, ia terpaut 68 poin dari Marquez yang tetap berada di posisi puncak klasemen.


Berikut hasil balapan MotoGP Republik Ceko, Minggu 5 Agustus:




Video: Greysia/Apriyani Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Dunia

 


(PAT)