MotoGP Catalunya

Kalahkan Marquez dan Rossi, Lorenzo Berjaya di MotoGP Catalunya

Patrick Pinaria    •    17 Juni 2018 20:33 WIB
MotoGP 2018
Kalahkan Marquez dan Rossi, Lorenzo Berjaya di MotoGP Catalunya
Jorge Lorenzo (Foto: AFP/Lluis Gene)

Barcelona: Jorge Lorenzo kembali menorehkan kemenangan pada ajang MotoGP 2018. Kali ini, kemenangan didapat pembalap Ducati tersebut pada MotoGP Catalunya, Minggu 17 Juni.

Lorenzo sukses finis di urutan pertama dengan mencatatkan waktu 40 menit 13,566 detik. Ia sukses mengalahkan rival-rival terberatnya, Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Pada awal balapan, Lorenzo sebetulnya sempat dikejutkan dengan laju Marquez. Sebab, pembalap Honda Repsol Honda itu mampu merebut posisi terdepan yang sempat ditempati Lorenzo.

Namun, hal tersebut tidak membuat mental Lorenzo mengendur. Pembalap asal Spanyol tersebut mampu merebut posisi terdepan kembali dari Marquez pada putaran kedua. Di putaran yang sama, persaingan sengit ditunjukkan Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi di posisi ketiga dan keempat.

Baca: Apologi Rossi usai Posisinya Merosot di Kualifikasi 

Nasib sial didapat Dovizioso ketika memasuki lap kedelapan. Ia harus tergelincir pada putaran kelima sehingga membuatnya tidak bisa melanjutkan balapan. Rossi pun naik ke posisi ketiga.

Insiden Dovizioso membuat Lorenzo dan Marquez semakin nyaman melaju di posisi dua terdepan. Namun, posisi pertama masih ditempati Lorenzo.

Pada lap ke-14, insiden kembali terjadi. Tepatnya pada tikungan kelima, Nakagami terjatuh. Apes bagi Smith karena ia turut tergelincir karena bersenggolan dengan motor Nakagami.

Giliran Tito Rabat yang mengalami insiden. Saat melaju pada putaran ke-18, motornya terbakar sehingga membuat ia tidak bisa melanjutkan balapan.

Baca: Atlet Bridge Optimistis Sumbang Dua Emas di Asian Games

Sementara itu, posisi terdepan masih menjadi milik Lorenzo. Mantan pembalap Movistar Yamaha tersebut bahkan semakin nyaman dan terus mempertahankan posisi terdepan hingga garis finis.

Posisi kedua ditempati oleh Marquez. Kemudian, Valentino Rossi finis di posisi ketiga.

Kemenangan ini terasa istimewa bagi Lorenzo. Sebab, ini merupakan kemenangan kedua Lorenzo secara beruntun bersama Ducati. Sebelumnya, ia berhasil meraih kemenangan pada MotoGP Italia, 3 Juni.

Dengan hasil ini, Lorenzo kini naik ke posisi ketujuh klasemen pembalap sementara dengan mengoleksi 66 poin. Ia terpaut 99 poin dari Marc Marquez yang tetap berada di puncak klasemen.


Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Catalunya, Minggu 17 Juni:



Video: Nadal Terima Penghargaan dari Wali Kota Paris

 


(PAT)