Jelang MotoGP Catalunya

Redam Risiko Kecelakaan, MotoGP Catalunya Gunakan Jalur F1

Kautsar Halim    •    10 Juni 2017 03:05 WIB
motogp 2017
Redam Risiko Kecelakaan, MotoGP Catalunya Gunakan  Jalur F1
Marc Marquez berhasil melewati chicane berbahaya di sesi latihan bebas MotoGP Catalunya. (Foto: AFP PHOTO / Josep LAGO)

Metrotvnews.com, Catalunya: Panitia penyelanggara MotoGP akhirnya memutuskan tidak menggunakan chicane atau tikungan ganda di lintasan Sirkuit Catalunya. Keputusan itu diambil guna meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Sejatinya, perdebatan tentang desain sirkuit Catalunya sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Terlebih lagi dengan adanya kasus Luis Salom yang mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas Moto2 tahun lalu.


Klik: Demi Prestasi, PBSI Siap Rotasi Pemain Ganda


Dengan adanya keputusan ini, artinya trek MotoGP Catalunya akan menggunakan chicane yang biasa digunakan untuk ajang Formula One (F1). Chicane tersebut memiliki bentuk lebih lebar dan tidak terlalu tajam untuk dilalui.

"Para pembalap komplain melalui Komisi Keselamatan tentang jalur baru MotoGP Catalunya. Mereka mengatakan chicane tersebut tidak dikerjakan dengan baik dan terlalu banyak benjolan di lintasan. Atas dasar itu, para pembalap memutuskan untuk menggunakan jalur yang digunakan tahun lalu," ujar Loris Cappirossi selaku perwakilan Race Direction Dorna.

"Kami juga masih melihat banyak kecelakaan di tikungan itu pada sesi latihan hari ini. Pengalaman kami tahun lalu, para pembalap tidak banyak yang terjatuh pada hari ini. Oleh karena itu, jalur yang lama adalah yang terbaik," tambahnya.


Klik: Menpora Panggil PBSI Evaluasi Buruknya Prestasi Indonesia


Besar kemungkinan, keputusan yang diambil pada hari ini bisa berpengaruh besar untuk penyelenggaraan MotoGP Catalunya di masa mendatang. Pasalnya, desain chicane di sirkuit Catalunya memang sangat merepotkan dan berbahaya.

Sebelum diambilnya keputusan itu, pembalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Jack Miller, sudah berinisiatif lebih dulu untuk tidak menggunakan chicane baru. Itu diketahui saat ia melakoni sesi latihan kedua (FP2). (crash)

 


(KAU)