MotoGP Prancis

Rossi dan Marquez Terjatuh, Vinales Nikmati Podium Pertama MotoGP Prancis

Kautsar Halim    •    21 Mei 2017 21:06 WIB
motogp 2017
Rossi dan Marquez Terjatuh, Vinales Nikmati Podium Pertama MotoGP Prancis
Selebrasi kemenangan Maverick Vinales di MotoGP Prancis. (AFP PHOTO / GUILLAUME SOUVANT)

Metrotvnews.com, Le Mans: Kemenangan dramatis diraih Maverick Vinales pada ajang MotoGP Prancis yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu 21 Mei. Gelar juara itu baru ia dapatkan setelah berduel sengit dengan Valentino Rossi di lap terakhir.

Vinales memang punya modal bagus sebelum balapan karena berhasil memulai start di posisi terdepan atau pole position. Namun jalannya balapan tetap tidak mudah karena Vinales ditempel ketat oleh Valentino Rossi dan Johann Zarco sejak lap pertama.


Klik: Para Pembalap Moto3 Jatuh Massal di Le Mans


Perlawanan menarik baru ditunjukkan Vinales ketika Rossi mengambil alih posisinya menjelang balapan berakhir. Saat itu, ia berhasil merebut kembali posisi terdepannya meskipun balapan tinggal tersisa satu putaran lagi.

Tidak terima disalip rekan setimnya, Rossi sempat memaksakan diri untuk kembali melewati Vinales. Namun, upaya itu malah membuat The Doctor tergelincir di salah satu tikungan hingga akhirnya tidak bisa melanjutkan balapan. 


Klik: Miller Sebut Dirinya Beruntung Selamat dari Kecelakaan Fatal


Insiden yang menimpa Rossi merupakan rezeki tersendiri bagi Zarco yang tergabung dengan tim Yamaha Tech 3. Pembalap asal Prancis itu akhirnya bisa merasakan podium di kelas MotoGP dengan finis di urutan kedua. Selain itu, Dani Pedrosa yang berasal dari tim Repsol Honda juga bisa menikmati podium ketiga.

Usai menang duel dengan Rossi, Vinales langsung melaju ke garis finis dengan catatan waktu, 43 menit 29.793 detik. Kemenangan ini berati sangat besar karena Marc Marquez yang juga sedang bersaing di urutan tiga besar klasemen sementara juga tidak bisa melanjutkan pertandingan

Marquez yang berstatus sebagai juara bertahan terjatuh di salah satu tikungan ketika ingin menyelesaikan lap ke-11. Baby Alien--julukan Marquez sempat bangkit setelah insiden. Namun, kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk mengejar para pembalap lain yang melaju kencang di depannya.

Berikut hasil lengkap MotoGP Prancis:





 


(KAU)