MotoGP Inggris 2017

Andrea Dovizioso Juarai MotoGP Inggris

A. Firdaus    •    27 Agustus 2017 22:42 WIB
motogp 2017
Andrea Dovizioso Juarai MotoGP Inggris
Pembalap Ducati Andrea Dovizioso melakukan selebrasi usai menjuarai MotoGP Inggris 2017 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Silverstone: Lewat pertarungan yang sengit pembalap Ducati Andrea Dovizioso berhasil menjuarai MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada Minggu 27 Agustus. Dengan demikian, rider asal Italia itu meraih back-to-back atau dua kemenangan beruntun.

Sejatinya Dovi memulai lomba dari posisi keenam atau barisan kedua. Posisi depan pun pada awal balapan masih diisi oleh tiga pembalap teratas, rider Repsol Honda Marc Marquez, Rossi, dan pembalap LCR Honda Cal Cruthclow.

Persaingan mulai mengerucut ketika Rossi dan Marquez saling bersaing ketat di depan. Rossi mulai memimpin ketika lomba masih menyimpan 20 putaran. Ia dibayang-bayangi Marquez dan rekan setim Rossi, Maverick Vinales.

Klik di sini: Empat Wakil Indonesia Tembus Semifinal

Ketika balapan masih tersisa 10 lap, Dovi coba terus memacu motornya dan mencoba berinisiatif melewati Vinales yang saat itu berada di posisi kedua. Sementara pergerakan Marquez mulai melambat.

Usai menyalip Vinales, Dovi mulai mendekati Rossi yang terlihat sendirian di depan. Kian lama jarak waktu keduanya mulai menipis, hingga membuat Dovi mampu menempel Rossi.

Seiring dengan itu, Marquez yang kian melambat akhirnya keluar dari lomba ketika balapan tersisa tujuh lap. Motornya mengeluarkan asap.
 
Dan, ketika tiga lap tersisa, Dovi akhirnya mengambil alih balapan usai menyalip Rossi. Tak hanya disusul Dovi, posisi Rossi juga diambil alih Vinales yang merangsek ke posisi kedua.

Keunggulan mampu dijaga Dovi setelah menjadi pembalap pertama yang mencapai garis finis. Disusul Vinales dan Rossi yang mengisi posisi kedua dan ketiga.

Klik di sini: Tampil Gemilang, Hamilton Juara GP Belgia

Bagi Dovi, ini merupakan kemenangan beruntun yang diraihnya setelah pada dua pekan lalu ia menjuarai MotoGP Austria. Sekaligus menjadi kemenangan keempatnya di MotoGP sejauh musim ini berjalan.

Sementara itu, dengan tambahan 25 poin plus gagal finis yang dialami Marquez membuat Dovi memimpin klasemen sementara dengan perolehan 183 poin, atau unggul sembilan poin dari Marquez di posisi kedua.
 


(FIR)