Jelang MotoGP Assen, Belanda

Marquez Siap Hadapi Skenario Apapun di Assen

Achmad Firdaus    •    20 Juni 2017 20:21 WIB
motogp 2017
Marquez Siap Hadapi Skenario Apapun di Assen
Foto: Marc Marquez (Foto: AFP PHOTO / Josep LAGO)

Metrotvnews.com, Aalst: Tantangan besar akan dihadapi pembalap saat turun di seri kedelapan MotoGP 2017 yang akan digelar di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu 25 Juni 2017. Faktor cuaca menjadi salah satu hal yang paling diwaspadai.

Juara dunia musim lalu, Marc Marquez jadi pembalap yang cukup vokal mewaspadai perubahan cuaca yang kerap terjadi di Sirkuit Assen. Di musim lalu, balapan harus dihentikan sementara karena hujan deras yang mengguyur lintasan pada pertengahan lomba.

Marquez menjadi salah satu pembalap yang beruntung bisa mengakhiri balapan di posisi dua. Sementara itu, banyak pembalap lain seperti Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan rekan setim Marquez, Dani Pedrosa terjatuh dan gagal melanjutkan balapan.

"Saya menyukai Assen. Kami menjalani beberapa balapan yang menarik di sana, juga punya banyak kenangan indah. Tapi, cuaca di sana tidak pernah bisa diprediksi dan membuat situasi berubah dengan sangat cepat. Jadi, kami harus mampu beradaptasi dengan segala hal seperti yang kami lakukan pada 2014 dan musim lalu," ujar Marquez.
 

Baca: Pembalap Superbike Alami Cedera Usai Terlindas Motor Rival


"Setiap balapan di musim ini sulit diprediksi. Itu artinya, kami harus benar-benar fokus dan bekerja keras sejak hari Jumat pagi (sesi free practice) untuk mendapatkan set-up yang tepat untuk motor dan juga ban. Target kami adalah bertarung untuk memperebutkan podium," lanjutnya.

Menatap seri Assen, Marquez tengah berada dalam kepercayaan diri menyusul kesuksesannya finis di podium dua (di belakang Andrea Dovizioso) pada seri sebelumnya di Catalunya, Spanyol. Pada sesi tes sehari berselang, Marquez juga mampu mencatatkan waktu tercepat.
 

Baca juga: Marc Marquez Catat Waktu Tercepat di Sesi Uji Coba Catalunya


"Kami menatap balapan di Assen dengan membawa hasil menjanjikan pada tes di Catalunya. Jadi, kami ingin kembali ke motor dengan perasaan yang sama dan meneruskan apa yang sudah kami lakukan di Catalunya pada balapan berikutnya," imbuhnya.

Memasuki seri kedelapan di Assen, Marquez masih tercecer di posisi tiga klasemen sementara pembalap dengan raihan 88 poin. Juara dunia musim lalu itu terpaut 16 poin dari Andrea Dovizioso (Ducati) di posisi dua dan 23 angka di belakang Maverick Vinales (Yamaha) di puncak klasemen.

Video: ?Hariyanto Arbi Apresiasi Raihan Satu Gelar Juara di Indonesia Open
 


(ACF)