Jelang MotoGP Catalunya

Marc Marquez Pimpin FP1 MotoGP Catalunya

Kautsar Halim    •    09 Juni 2017 17:15 WIB
marc marquezmotogp 2017
Marc Marquez Pimpin FP1 MotoGP Catalunya
Marc Marquez mengendarai motor RC213V. (AFP PHOTO / Josep LAGO)

Metrotvnews.com, Catalunya: Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil memimpin sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Catalunya. Catatan waktu terbaiknya saat itu adalah 1 menit 45.875 detik.

Berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya, Jumat 9 Juni, jalannya FP1 bergulir di atas lintasan yang agak lembab. Kebanyakan pembalap, termasuk Marquez, masih kesulitan beradaptasi untuk menentukan jenis ban.


Klik: Tanggapan Marquez dan Vinales terkait MotoGP Thailand 2018


Meski menjadi yang tercepat, Marquez hanya menjajal lima putaran di FP1. Catatan waktu terbaik itu baru didapat pada putaran keempat sambil menggeber motornya hingga kecepatan tertinggi 338km/jam.

Di belakang Marquez, ada Cal Crutchlow yang tergabung dengan tim LCR Honda. Ia juga tampil sebanyak lima putaran ketika mencatat waktu tercepat 1 menit 46.201 detik. Dengan torehan itu, artinya Crutchlow hanya berselisih 0.326 detik saja dengan Marquez.

Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang biasanya mendominasi balapan, belum menunjukkan taringnya pada FP1. Vinales masih berada di urutan enam, sedangkan The Doctor malah terlempar ke posisi ke-17.


Klik: Komentar Sinis Valentino Rossi soal MotoGP Thailand 2018


Sementara itu, Andre Dovizisio yang tergabung dengan tim Ducati sudah langsung bersaing dengan bertengger di urutan tiga. Selisih waktunya dengan Marquez hanya 0.603 detik dan kecepatan tertingginya mencapai 340 km/jam.

Faktor cuaca memang sangat berpengaruh pada FP1. Pasalnya, para pembalap baru terlihat bersaing ketika waktu latihan tersisa sekitar 10 menit. Kebanyakan dari mereka lebih sering menghabiskan waktu di pit untuk mencari setelan motor yang pas.

Berikut hasil lengkap FP1 MotoGP Catalunya:







 


 


(KAU)