Jelang MotoGP Jerman 2017

Fakta Menarik Jelang MotoGP Jerman Akhir Pekan Ini

Achmad Firdaus    •    29 Juni 2017 23:42 WIB
motogp 2017
Fakta Menarik Jelang MotoGP Jerman Akhir Pekan Ini
Marc Marquez punya rekor sempurna di Sirkuit Sachsenring (Foto: http://media.crash.net)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seri kesembilan MotoGP 2017 di Jerman, akhir pekan ini, akan jadi gelaran ke-20 secara beruntun Sirkuit Sachsenring dipercaya sebagai tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Sedianya, Sirkuit Sachsenring sudah jadi venue gelaran MotoGP sejak 1961. Saat itu, namanya masih grand prix Jerman Timur dan balapan digelar di sirkuit jalan raya Sachsenring dengan panjang lintasan 8,7 km. Grand Prix Jerman Timur terus digelar hingga 1972, sebelum akhirnya dicoret karena dianggap terlalu berbahaya untuk balapan motor.

Sejak saat itu, balapan di Jerman digelar di Sirkuit Nurburgring sampai akhirnya Sachsenring yang sudah mengalami perubahan kembali dipercaya jadi tuan rumah pada 1998 hingga saat ini. Sirkuit baru Sachsenring mengalami penyusutan jarak yang cukup signifikan. Dari 8,7 km menjadi 3,5 km, dan kemudian kembali dipugar dan berubah menjadi 3,67 km pada tahun 2003.
 

Baca: Jadwal Lengkap MotoGP Jerman Akhir Pekan Ini


Sirkuit Sachsenring memiliki keunikan di mana arah balapan berlawanan dengan arah jarum jam. Di musim ini, ada empat sirkuit lain yang juga berlawanan arah dengan jarum jam, di antaranya Austin (AS), Aragon (Spanyol), Phillip Island (Australia) dan Valencia (Spanyol).

Sirkuit dengan 13 tikungan (10 kiri & 3 kanan) ini menjadi sirkuit favorit buat Honda. Tercatat, sejak era MotoGP dengan mesin 4-tak, pabrikan asal Jepang itu sukses memenangi 11 balapan, jauh mengungguli rivalnya sesama pabrikan Jepang, Yamaha yang baru mengoleksi tiga kemenangan.
 

Baca juga: Dovizioso: Ducati yang Sekarang Siap Bertarung Dimanapun!


Dominasi Honda dipertegas dengan munculnya nama Marc Marquez sebagai pengoleksi kemenangan terbanyak di Sachsenring. Pembalap asal Spanyol itu selalu tampil sebagai pemenang dalam empat edisi terakhir, total tujuh kemenangan sejak tahun 2010. (1 di kelas 125cc, 2 di kelas Moto2 dan 4 di kelas MotoGP).

Selain fakta di atas, masih banyak lagi fakta menarik lain yang tersaji jelang MotoGP Jerman, akhir pekan ini. Berikut, rangkuman Metrotvnews.com:

- Sejak kelas MotoGP (4-tak) diperkenalkan pada 2002, Honda jadi pabrikan dengan kemenangan terbanyak, yakni 11 kemenangan di mana tujuh di antaranya diraih secara beruntun dalam tujuh tahun terakhir. Yamaha berada di posisi dua dengan tiga kemenangan, diikuti Ducati dengan satu kemenangan.

- Sejak masih di kelas 125cc pada 2010, Marc Marquez selalu tampil sebagai pemenang di Sachsenring. Di kelas MotoGP, Marquez juga tampil sebagai pemenang dalam empat edisi terakhir. Catatan ini menempatkannya sebagai pembalap tersukses di Sachsenring, diikuti Dani Pedrosa dengan enam kemenangan (4 di ajang MotoGP).

- Setelah menang di Assen, Valentino Rossi berpeluang meraih back to back kemenangan pertamanya sejak 2009 di mana ia menang di Catalunya dan dilanjutkan pada seri Assen.

- Jika tampil sebagai pemenang di Sachsenring, Rossi yang berusia 38 tahun akan jadi pembalap tertua kedua dalam sejarah yang sukses memenangi dua seri secara beruntun. Rossi akan menyamai rekor Les Graham yang memenangi dua balapan terakhir pada musim 1952 (di Monza, Italia dan Montjuich Park, Barcelona) di usia 41 tahun.

- Sejak kembali dipercaya jadi tuan rumah MotoGP pada 1998 hingga sekarang, belum ada pembalap asal Jerman yang sukses meraih kemenangan di Sachsenring (di semua kelas).

- Dalam 19 edisi yang sudah berlangsung, hanya ada tujuh pembalap asal Jerman yang sukses naik podium di Sachsenring. Namun, bukan di kelas MotoGP, melainkan di kelas 125cc dan 250cc atau Moto3 dan Moto2.

- Sementara di kelas Premier (MotoGP), pencapaian terbaik pembalap Jerman di kandangnya adalah menempati posisi empat. Prestasi itu dicatatkan Stefan Bradl pada MotoGP 2013.

Video: ?Highlight Semi Final Piala Eropa U-21
 


(ACF)