Nicky Hayden Tutup Usia

Daftar Pembalap yang Meninggal Akibat Kecelakaan di Luar Sirkuit

Alfa Mandalika    •    23 Mei 2017 08:30 WIB
motogp
Daftar Pembalap yang Meninggal Akibat Kecelakaan di Luar Sirkuit
Nicky Hayden. (Foto: AFP/Vincenzo Pinto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Awan duka tengah menyelimuti dunia MotoGP. Juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden meninggal dunia pada Senin 22 Mei di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia. 

Hayden meninggal dunia usai menjalani perwatan intensif di rumah sakit. Kabarnya, ia mengalami cedera pada otak dan dadanya usai ditabrak mobil saat bersepeda di Rimini pada Rabu 17 Mei.

Sejak mendapatkan perawatan, kondisi pembalap yang sempat menyambangi Jakarta pada 2013 tak kunjung membaik. Hingga akhirnya, ia tutup usia.

Kisah pembalap yang meninggal di luar sirkuit tidak hanya dialami pembalap berjuluk The Kentucky Kid itu. Terdapat sejumlah pembalap yang mengalami nasib sama seperti Hayden. Berikut rangkumannya:

-Norifumi Abe (Jepang)
Jepang sempat memliki pembalap andal bernama Norifumi (Norick) Abe. Gayanya yang nyentrik, cara membalap yang agresif membuat Abe mudah diingat. Ia mulai dikenal dunia setelah tampil sebagai wildcard di kelas 500cc di GP Jepang 1995.

Abe sempat mengunjungi Indonesia sebanyak dua kali (1996 dan 1997) sebagai tamu pada event Yamaha Cup Race. Abe menemui ajalnya pada Minggu 7 Oktober 2007. Dilaporkan, Abe meninggal usai mengalami kecelakaan motor di jalan dekat kota Kawasaki. Ia bertabrakan dengan truk yang sedang memutar di tempat yang tak semestinya.


Norick Abe. (Foto: AFP/Cristina Quicler)

Sontak, Abe yang terkena luka parah langsung dilarikan ke rumah sakit. Namun, nyawa pembalap 32 tahun tak bisa diselamatkan.

Baca: Nicky Hayden Tutup Usia


-Bahattin Sofuglu
Salah satu pembalap motor tersukses Turki, Bahattin Sofuglu juga mengalami kecelakaan di luar lintasan balap. Ia diketahui meninggal dunia pada 25 Oktober 2002 di usia 24 tahun.

Bahattin yang sukses bersama tim Honda Turki mulai meramaikan dunia balap pada 1997 saat usianya menginjak 19 tahun. Sayang, ia tidak bisa mengembangkan kualitasnya lantaran ditabrak oleh sebuah mobil ketika dia sedang menyeberang jalan.

-Reg Armstrong
Reg Armstrong salah satu pembalap motor berbakat yang dimiliki Irlandia. Namanya meroket pada 1949 - 1956. Ia meninggal dunia karena mengalami kecelakaan lalu lintas saat ingin kembali ke rumahnya di Ashford.

-Mike Hailwood
Legenda MotoGP, Mike Hailwood juga mengalami nasib nahas. Ia diketahui tertabrak truk di dekat kediamannya.

Semasa aktif menjadi pembalap, Hailwood meraih sembilan gelar juara di tiga kelas berbeda. Ia juga sempat mencicipi dunia F1.

Baca: Perjalanan Nicky Hayden di Dunia Balap Motor


-Colin McRae (Skotlandia)
Pembalap reli kenamaan, Colin McRae mengalami kecelakaan tragis pada 15 September 2007 di Skotlandia. Situasi itu membuat McRae meninggal dunia di usia 39 tahun.

Informasi yang beredar, McRae mengalami kecelakaan saat menerbangkan helikopter pribadi. Di dalam helikopter tersebut ada anaknya, Johnny dan rekan McRae, Graeme Duncan.


Colin McRae. (Foto: AFP/Carl De Souza)

Kabarnya, kecelakaan terjadi karena ada masalah kerusakan mekanik bukan karena kelalaian McRae. "Itu karena masalah mekani pada helikopter," kata seorang keluarga McRae.

McRae merupakan pembalap Inggris Raya yang memenangkan kejuaraan Reli Dunia (WRC) pada 1995 bersama tim Subaru di usia 27 tahun. Selama 30 tahun berkarier di dunia reli, ia mencatatkan 25 kali kemenangan. Ia juga sempat menyambangi Indonesia pada 1996.

-Steve Hislop (Skotlandia)
Salah satu pembalap motor Skotlandia, Steve Hislop mengalami nasib sama dengan pereli Colin McRae. Ia meninggal dunia lantaran kecelakaan helikopter.

Informasi yang beredar, ia mengalami kecelakaan lantaran kelalaian dia sendiri saat menuju ke rumah kerabatnya.

Hislop merupakan pembalap berbakat yang dimiliki Skotlandia. Ia sempat berprestasi di British 250cc dan dua kali di British Superbike. (Berbagai sumber)

Video: Nicky Hayden Meninggal Dunia
 


(ASM)