Cerita Bos Yamaha Tech3 sebelum Memboyong Hafizh Syahrin

M. Rizky Adhestian    •    27 Maret 2018 15:23 WIB
MotoGP 2018
Cerita Bos Yamaha Tech3 sebelum Memboyong Hafizh Syahrin
Hafizh Syahrin. (Foto: AFP/Mohd Rasfan)

Bormes: Herve Poncharal mengatakan akan memilih pembalap asal Malaysia, Hafizh Syahrin, untuk berlaga di panggung MotoGP meski dianggap 'gila'. Bos tim satelit Yamaha Tech3 itu mengaku memang suka bertaruh pada sesuatu yang bukan favorit.

Syahrin menjadi pembalap MotoGP pertama dari Malaysia dan mendapatkan debutnya pada tahun ini. Pemuda berusia 23 tahun itu bergabung dengan Tech3 untuk menggantikan Jonas Folger yang mundur karena masalah kesehatan awal tahun ini.

Poncharal mengaku, keputusan memilih Syahrin yang murni gagasannya sendiri kerap menghadapi keraguan. Sebelumnya, ia bahkan dikira bercanda ketika berniat membuat pemuda asal Negeri Jiran itu mengaspal di ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

"Saya bertemu Razali, CEO Sepang dan bicara dengannya saya punya ide yang gila. Saya tanya padanya 'bagaimana jika Syahrin di MotoGP?' Ia malah mengira saya bercanda," kata Poncharal.

Baca: Rossi: Pilihan Ban Tergantung Motor Ketimbang Pembalap


Potensi Syahrin yang dilihat Poncharal pada Moto2 musim 2017 ternyata tidak terlihat oleh pihak pendukungnya. Meski begitu, ia mengaku tetap memilih Syahrin karena potensinya.

"Tahun lalu, ketika saya mengamati Xavi Vierge (bekas rider Tech3 Moto2), dan saya melihatnya bertarung dengan dia (Syahrin), saya melihat ada potensi pada Syahrin. Saya akan tetap memilih Syahrin meski banyak hambatan," tutur Poncharal.

Baca: Tak Lagi jadi Unggulan, Ini Alasan Lorenzo


"Sponsor dan pemasok bertanya pada saya soal siapa yang saya bicarakan, mereka tidak pernah dengar soal dia. Sejak saat itu, saya harus meyakinkan semua orang bahwa ia adalah rider yang bagus," sambung Poncharal.

Syahrin finis di urutan ke-14 di Qatar. Dia menorehkan catatan waktu 42 menit 54.953 detik.
Selanjutnya, akan dihelat MotoGP Argentina pada 8 April mendatang.  (Motorsportweek.com)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Keseruan Metro TV Heritage Run


(ASM)