Jelang GP Valencia

Jelang GP Valencia, Marquez Akui Mengalami Tekanan

Krisna Octavianus    •    08 November 2017 08:43 WIB
motogp 2017
Jelang GP Valencia, Marquez Akui Mengalami Tekanan
Marc Marquez (Foto: motogp.com)

Metrotvnews.com, Valencia: Marc Marquez mengatakan wajar jika ada tekanan jelang GP Valencia akhir pekan ini. Itu tak terlepas karena dia menargetkan gelar juara dunia MotoGP keempatnya pada balapan terakhir musim ini.

Marquez berada di jalur untuk mempertahankan mahkota jura dunianya di Spanyol karena saat ini unggul 21 poin dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Juara dunia tiga kali kelas utama ini akan mendapatkan gelar juara jika Dovizioso gagal memenangi balapan. Jika Dovizioso menang, finis di urutan 11 besar akan cukup untuk menyegel trofi juara dunia untuk Marquez.

"Tentu akan wajar jika merasakan tekanan di Valencia dengan begitu banyak yang dipertaruhkan, tapi sejujurnya ada tekanan untuk seluruh bagian kedua musim ini," kata Marquez.

"Fakta bahwa kami bisa mengelola beberapa situasi sulit, seperti yang terjadi pada balapan terakhir di Malaysia, memberi saya perasaan positif. Mengenai lintasan, saya merasa senang karena saya suka Valencia. Ini adalah sirkuit anticlockwise, yang biasanya cocok untuk saya," lanjutnya.

"Tentu juga bagus untuk memiliki keunggulan poin yang cukup baik. Kami tidak akan berpikir terlalu banyak tentang hal-hal itu. Kami pasti tidak berpikir itu akan mudah, jadi kami tidak akan pergi ke Valencia dengan keyakinan ekstra," tambahnya.

"Kami akan tetap memiliki mental dan metode kerja sama yang telah membawa kami ke tempat kami saat ini, dan kami akan memberikan 100 persen karena penting untuk cepat memulai dengan FP1," pungkasnya.

Sejak Kejuaraan Dunia diperkenalkan pada 1949, ini akan menjadi kesempatan ke-18 di mana gelar kelas utama akan diperebutkan dalam balapan terakhir tahun ini. Pada era MotoGP, ini akan menjadi yang keempat kalinya gelar juara dunia ditentukan sampai balapan terakhir, seelumnya ada Valencia 2006 (Hayden-Rossi), Valencia 2013 (Marquez-Lorenzo), dan Valencia 2015 (Lorenzo-Rossi).

Ini juga akan menjadi yang ketiga kalinya dalam karier Marquez bahwa dia akan memperjuangkan gelar pada balapan terakhir, setelah Valencia 2010, melawan Nico Terol (Marquez meraih gelar 125cc, finis keempat), dan Valencia 2013, melawan Jorge Lorenzo ( Marquez memenangi gelar MotoGP, finis ketiga). (Crash)

 


(KRS)