Jelang MotoGP Argentina

Solusi Michelin setelah Dikritik Para Pembalap MotoGP

Kautsar Halim    •    07 April 2017 20:45 WIB
motogp
Solusi Michelin setelah Dikritik Para Pembalap MotoGP
Ilustrasi ban. (THEO KARANIKOS / AFP)

Metrotvnews.com, Termas de Rio Hondo: Komplain para pembalap soal buruknya kualitas ban Michelin sudah terjawab. Terkini, Piero Taramasso selaku manajer Michelin mengonfirmasi pihaknya telah menyediakan empat pilihan ban jelang MotoGP Argentina.

Tambahan jenis ban itu muncul lantaran banyak pembalap yang kecewa dengan kualitas ban lembut Michelin saat MotoGP Qatar. Saat itu, mulai dari Andrea Iannone, Marc Marquez, dan bahkan Valentino Rossi teriak ban lembut Michelin lebih mudah habis.

Sejatinya hanya terdapat tiga pilihan ban yang bisa digunakan di MotoGP Argentina, yakni ban dengan kompon lembut, sedang dan keras. Namun, untuk mensiasati komplain para pembalap, maka pilihan ban lembut akan ditambah.

Jika pada MotoGP Qatar hanya terdapat satu pilihan ban lembut, maka pada GP Argentina akan ada ban lembut seperti yang digunakan di Valencia pada 2016.

Meski berjenis lembut, ban tersebut dikabarkan memiliki kompon yang lebih tebal. Ban di Valencia itu juga bukan tergolong jenis sedang karena memiliki tanda yang sama dengan ban lembut pada umumnya.

Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap yang teriak paling keras dengan kualitas ban lembut Michelin. Terlebih lagi, ia tidak pernah masuk dalam jajaran lima besar saat menjalani tiga latihan bebas di Qatar. Beruntung,  Rosso bisa finis di urutan tiga saat balapan sesungguhnya.

"Saya sering kewalahan saat melahap tikungan dan tidak bisa melaju cepat ketika akan menghadapi tikungan tersebut. Saya sudah merasakan kendala itu sejak pertama kali menjajal ban," kata Rossi saat di Qatar. (crash)


 


(KAU)