Jelang MotoGP Valencia

Marquez Incar Poin Sempurna di MotoGP Valencia

Patrick Pinaria    •    14 November 2018 17:30 WIB
marc marquezMotoGP 2018
Marquez Incar Poin Sempurna di MotoGP Valencia
Marc Marquez (Foto: AFP/Josep Lago)

Valencia: Marc Marquez punya ambisi untuk meraih kemenangan di MotoGP Valencia. Meski sudah memastikan gelar musim ini, ia tetap mengincar kemenangan pada balapan akhir pekan nanti guna menutup musim ini dengan sempurna.

Kepastian gelar MotoGP 2018 sudah didapat Marquez saat balapan di MotoGP Jepang pada Oktober. Ketika itu, ia sukses menjadi pemenang pada balapan tersebut sekaligus membuat posisinya di puncak klasemen sudah tidak bisa dikejar lagi oleh pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso. 

Namun, prestasi tersebut belum membuat Marquez puas. Ia berupaya untuk tetap meraih kemenangan di balapan-balapan selanjutnya. Meski gagal di MotoGP Australia, pembalap asal Spanyol tersebut sukses meraih kemenangan di MotoGP Malaysia pada 4 November.

Baca: Menangi Rubber Game, Della/Rizki ke Babak Kedua Hong Kong Open 

Raihan Marquez lantas membantu Honda menjadi juara konstruktor di MotoGP 2018. Berkat kemenangannya, Honda memimpin puncak klasemen dengan mengoleksi 364 poin dan unggul 54 poin dari Ducati yang berada di peringkat kedua. Posisi Honda sudah tidak bisa disalip lagi karena balapan musim ini tinggal menyisakan satu balapan, yakni di Valencia.

Pada balapan MotoGP Valencia, Minggu 18 November nanti, Marquez ternyata masih berambisi untuk mengincar kemenangan. Sebab, ia ingin membawa timnya, Repsol Honda untuk juara musim ini, sekaligus memastikan triple crown musim ini.

Sejauh ini, posisi Repsol Honda memang belum aman. Mereka masih unggul 39 poin dari pesaing terdekat, Movistar Yamaha di klasemen tim sementara. Itu artinya, masih ada tujuh poin yang harus didapat para pembalap Repsol Honda, termasuk Marquez untuk mengamankan juara tim musim ini.

Baca: Fajar/Rian Hadapi Mimpi Buruk di Babak 16 besar

"Tentu saja, kami tidak mendapat tekanan seperti kami alami musim lalu. Ketika gelar juara, masih dipertaruhkan di MotoGP Valencia. Tetapi, mentalitas kami saat ini masih sama karena kami ingin menyelesaikan tahun ini dengan cara baik," ujar Marquez.

"Sekarang, kami sangat dekat untuk meraih gelar tim. Kami akan mencoba  yagn terbaik untuk mendapatkannya untuk menyelesaikan triple crown, raihan yang penting bagi kami dan Honda. Ini akan menyempurnakan laju kami pada musim ini," tambahnya.

Kemenangan pada MotoGP Valencia juga akan menjadi kebanggaan tersendiri buat Marquez. Andai bisa menang pada balapan tersebut, pembalap berusia 25 tahun tersebut akan mengoleksi sepuluh kemenangan musim ini. Catatan yang tidak pernah ditorehkannya dalam empat musim terakhir. (Crash)


Video: Marcus/Kevin Juara Fuzhou China Open 2018

 


(ACF)