Vinales: Saya Seperti Pakai Ban Bekas

Gregah Nurikhsani Estuning    •    16 Juli 2018 21:40 WIB
MotoGP 2018
Vinales: Saya Seperti Pakai Ban Bekas
Maverick Vinales mengejar posisi tiga pada GP Jerman. (Foto: AFP PHOTO / Robert MICHAEL)

Hohenstein-Ernstthal: Keluhan keluar dari Maverick Vinales pasca MotoGP Jerman beberapa hari lalu. Ia kecewa dengan kinerja ban di motornya.

Pada GP Jerman, Vinales dan Valentino Rossi gagal keluar sebagai juara. Keduanya hanya naik podium dua dan tiga, di bawah Marc Marquez.

Vinales memulai race dengan lamban dan kesulitan mengejar posisi tiga besar. Kesabaran dan kecermatannya membuat ia akhirnya bisa menyalip pembalap Ducati, Danilo Petrucci di lap-lap akhir.

Klik: Pawai Obor Asian Games Melintas di Kota Malang

Pembalap asal Spanyol itu mengakui, cengkraman ban pada aspal tidak sebaik yang diinginkannya. Ia merasa ban yang dipakai dimotornya seperti ban bekas.

"Persoalan utamanya adalah, di lap-lap awal saya tidak memiliki grip yang pas. Saya merasa seperti memakai ban bekas, sering selip," ujar Vinales.

Tim teknis Yamaha sebelumnya mengatakan bahwa kurangnya grip pada ban tidak semata-mata kesalahan ban itu sendiri. Faktor lain seperti berat badan pembalap ternyata mempengaruhi tekanan ban.

Merespons hal tersebut, Vinales pun berkelakar bahwa ia mungkin harus menambah beberapa kilogram lagi agar mendapatkan grip terbaik.

"Saya lupa-lupa ingat, tapi sepertinya baru sejak lap 16 cengkramannya sudah lebih enak. Memang selalu seperti ini (musim 2018), beda dengan musim lalu. Mungkin saya harus menambah berat badan saya beberapa kilo lagi," sambungnya.

Video: Marquez Juara MotoGP Jerman
 


(ACF)