Jelang MotoGP Valencia

Menanti Debut KTM RC16 di Valencia

Ahmad Garuda    •    08 November 2016 13:52 WIB
motogp valencia
Menanti Debut KTM RC16 di Valencia
KTM bakal debut di kelas MotoGP Valencia. MotoGP

Metrotvnews.com, Valencia: Ada hal yang patut ditunggu para penikmat balap MotoGP di putaran terakhir MotoGP 2016 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Yaitu penampilan perdana tim manufaktur KTM di MotoGP yang bakal menurunkan Mika Kallio dengan KTM RC16.

Mengapa ini membuat banyak pihak penasaran? lantaran saat menjalani sesi tes di Sirkuit Red Bull Ring di Austria pertengahan 2016 lalu, mereka tampil cukup impresif. Thomas Luthi dan Kallio yang menggeber RC16, sanggup memberikan penetrasi terbaiknya dan membuat banyak pembalap memprediksi mereka bisa tampil sangat kompetitif di tahun pertama.

Bagi Bradley Smith, itu akan membuat dirinya sangat girang jika mereka memang bisa tampil kompetitif di sirkuit teknikal seperti Valencia. Itu akan jadi tolak ukur Smith untuk pindah ke tim barunya untuk MotoGP 2017.

"Kalau di Red Bull Ring mereka bisa kencang, ya saya tidak heran. Karena sirkuit ini bisa dibilang tidak terlalu teknikal. Tapi jika bisa tampil kompetitif di sirkuit lain yang punya banyak tikungan, maka ini akan jadi kekuatan baru di 2017," klaim Smith.

Keikutsertaan KTM Racing di MotoGP Valencia dengan status wild card ini, sudah diprediksi jauh hari sebelumnya. Lantaran mereka juga akan mengikuti sesi tes akhir musim sebagai persiapan MotoGP 2017.

Sekadar bayangan, saat mengikuti sesi tes di Austria, selisih waktu dari pembalap tercepat, hanya terpaut di bawah 2 detik. Padahal itu dikendarai oleh Mika Kallio yang tak aktif di balap MotoGP. Ada asumsi motor ini bisa tampil kompetitif jika ditunggangi oleh mereka yang aktif di MotoGP seperti Bradley Smith dan Pol Espargaro, calon pembalap KTM di 2017.


(UDA)