Jelang MotoGP Valencia

Michelin Pasok Ban Asimetris di MotoGP Valencia

Ahmad Garuda    •    08 November 2016 12:47 WIB
motogp valencia
Michelin Pasok Ban Asimetris di MotoGP Valencia
Michelin siapkan kompon asimetris untuk MotoGP Valencia. Michelin

Metrotvnews.com, Valencia: Selain pembalap dan tim, persiapan juga dilakukan Michelin sebagai produsen ban di MotoGP. Jika di seri-seri sebelumnya, mereka cukup boros dalam memberikan pilihan kompon kepada pembalap, lain halnya di MotoGP Valencia.

Untuk balapan di sesi kering, Michelin mengalokasikan kompon ban dengan dua jenis kompon saja. Yaitu medium dan keras, sementara untuk kompon ban belakang juga diberikan dua pilihan, yaitu kompon lunak dan kompon medium.

Sedangkan alokasi ban basah, akan diberikan tiga kompon (ekstra lunak, lunak dan medium) dan ditambah ban tipe intermediate sebagai persiapan, jika terjadi kondisi seperti di MotoGP Malaysia.

Pilihan ini diberikan MIchelin setelah ada masukan dari para pembalap. Permintaan tersebut memuat keinginan untuk menggunakan ban asimetris, karena kondisi trek Ricardo Tormo memang butuh spesifikasi itu. Jumlah tikungan ke kiri berjumlah 9 dan tikungan ke kanan 5. Tapi tikungan ke kiri beberapa di antaranya punya karakter cepat. Sehingga kompon di bagian kiri harus lebih keras dibanding kompon di sebelah kanan.

"Kami belajar banyak dari tahun lalu. Pada dasarnya kami mempelajari karakter sirkuit ini dari waktu ke waktu. Permukaannya bisa cukup dingin pada pagi hari yang membuat grip sangat minim. Makanya kami berharap pilihan ini bisa membuat para pembalap lebih nyaman," pungkas Direktur Teknis Sport 2Wheel Michelin, Piero Taramasso.


(UDA)