Kualifikasi MotoGP Qatar 2019

Maverick Vinales Start Terdepan di MotoGP Qatar

Kautsar Halim    •    10 Maret 2019 05:39 WIB
MotoGP 2019
Maverick Vinales Start Terdepan di MotoGP Qatar
Maverick Vinales. (KARIM JAAFAR / AFP)

Maverick Vinales mengirim sinyal bahaya kepada para rivalnya dengan merebut pole position MotoGP Qatar.

Lusail: Sesi kualifikasi MotoGP Qatar telah selesai pada Minggu 10 Maret dini hari WIB. Saat itu, Maverick Vinales dari tim Monster Yamaha jadi yang tercepat dan bakal memulai start dari urutan paling depan.

Vinales yang menunggangi motor YZR-M1 merebut pole position dengan catatan waktu 1 menit 53.564 detik. Di bawahnya secara berurutan, terdapat nama Andrea Dovizioso dan Marc Marquez.

Sampai dengan posisi Joan Mir yang berada di urutan ke-11, selisih waktu para pembalap masih  kurang dari sedetik dengan Vinales. Tapi sayangnya, Valentino Rossi yang bisa bersaing saat latihan bebas malah berada di urutan ke-14.
 

Klik: Meski Terjatuh, Marquez tetap Pimpin FP3 MotoGP Qatar


Jack Miller dari tim Pramac Ducati sempat terjatuh di tikungan kedua lap terakhir sesi kualifikasi. Beruntung, dia sudah mengamankan waktu terbaik untuk mengisi urutan start keempat pada putaran sebelumnya.

Fabio Quartararo tampil menawan sebagai pembalap debutan tim Petronas Yamaha. Dia bisa merebut posisi kelima ketika performanya disaksikan langsung Lewis Hamilton yang menjadi bintang tim Petronas F1, Lewis Hamilton.

Jorge Lorenzo yang baru bergabung dengan tim Repsol Honda kembali terjatuh saat melakoni kualifikasi pertama (Q1). Beruntung, dia masih mampu mencatatkan waktu 1 menit 54.563 detik untuk menyegel posisi start ke-15 atau tepat di belakang Rossi.

Berikut hasil lengkap sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2019:

 


(KAU)