Jelang MotoGP Jerman 2017

MotoGP akan Tambah Durasi Waktu Sesi Awal Latihan Bebas

Rendy Renuki H    •    29 Juni 2017 12:25 WIB
motogp 2017
MotoGP akan Tambah Durasi Waktu Sesi Awal Latihan Bebas
Aksi para pembalap di MotoGP Catalunya lalu (AFP PHOTO / Josep LAGO)

Metrotvnews.com, Sachsenring: MotoGP akan menambah durasi waktu sesi awal latihan bebas di seri Sachsenring, Jerman, Jumat 30 Juni besok. Total tambahan waktu 20 menit akan dilakukan di mana akan dibagi masing-masing 10 menit pada latihan bebas pertama dan kedua.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan para pembalap beradaptasi dengan lintasan Sirkuit Sachsenring. Pasalnya, sirkuit yang memiliki panjang lintasan 3.700 kilometer itu baru saja diaspal ulang.

Penambahan waktu saat sesi latihan bebas pertama dan kedua itu membuat jadwal hari pertama seri MotoGP Jerman mengalami perubahan. Latihan bebas pertama akan dimulai pukul 09:50 waktu setempat dan berakhir 10:45, sedangkan latihan bebas kedua dimulai 14:00 dan berakhir 14:55.

(Baca: Sanksi Lebih Berat Menanti Vettel Terkait Insiden dengan Hamilton)


Lintasan Sachsenring yang baru diaspal itu pun membuat produsen ban MotoGP musim ini, Michelin, akan lebih mempersiapkan beberapa opsi ban. Namun, kali ini Michelin telah mempersiapkan varian ban khusus yang hanya akan dipakai di Sachsenring.

Produsen ban MotoGP tersebut akan membawa tiga varian kompon ban yakni soft, medium, dan hard. Namun, semua varian ban itu akan asimetris dan jauh lebih keras di sisi kiri, karena lintasan yang banyak terdapat tikungan kiri.

Jelang seri kesembilan MotoGP musim ini, persaingan klasemen pembalap masih memanas. Andrea Dovizioso berada di urutan pertama dengan 115 poin, disusul Maveric Vinales di posisi kedua dengan 111 poin, dan Valentino Rossi di tempat ketiga dengan 108 poin. (Motorsport)

Video: Pacman Siap Rematch dengan Mayweather
 


(REN)