Regulasi MotoGP

Sensor Non Homologasi Dibatasi di MotoGP 2017

Ahmad Garuda    •    20 November 2016 16:00 WIB
regulasi motogp
Sensor Non Homologasi Dibatasi di MotoGP 2017
Sensor-sensor non homologasi takkan bisa digunakan di sesi FP1, FP2 dan FP3. GPOne.com

Metrotvnews.com, Valencia: Pengetatan regulasi khusus untuk penempatan sensor-sensor non homologasi di motor, tahun depan bakal diperketat. Bagi tim-tim pabrikan yang biasanya punya ragam sensor, memanfaatkan ini agar performa motor mereka lebih terkontrol.

Tapi hal ini kemudian menjadi hal yang buruk saat sesi latihan bebas (Free Practice 1, 2 dan 3). Lantaran pencapaian waktu di tiga sesi latihan ini, akan terhitung untuk masuk di sesi kualifikasi. Motor-motor yang penempatan sensornya tidak terlalu banyak, membuat pembalap mereka harus bekerja keras untuk mengontrol motor tanpa bantuan sensor-sensor tadi.

Untuk itu komisi balap motor grand prix (Grand Prix Commission atau GPC) memberikan aturan baru soal penempatan sensor non homologasi tadi.

Efektif berlaku 2017
Sensor di Kelas MotoGP

Saat ini tim MotoGP yang menggunakan sensor yang tidak masuk dalam daftar homologasi, masih diperbolehkan digunakan di semua sesi latihan, pemanasan hingga kualifikasi. Tapi di regulasi baru yang disepakati, sensor tersebut hanya dizinkan penggunaanya pada sesi latihan bebas keempat (FP4).

Evolusi Sistem Aerodinamika di Motor
Dalam pertemuan tertutup dan khusus bersama GPC, juga ditetapkan pembatasan upgrade komponen yang dilakukan tim-tim balap dalam musim berjalan. Terutama pada spakbor depan, sayap dan lain sebagainya. Khusus untuk tim yang baru menjalani musim pertamanya di MotoGP, aturan ini takkan diberlakukan kepada mereka.

Kontrol Tekanan Angin
Tim-tim balap sudah dizinkan menggunakan parameter untuk menjaga keamanan pembalap saat balapan. Dalam hal ini motor MotoGP diperbolehkan menggunakan sensor tekanan angin melalui katup di pentil ban motor MotoGP. Proses kerjanya adalah ketika tekanan ban terlalu tinggi sehingga memungkinkan ban kehilangan grip.

Lampu Safety
Saat ini kontrol lampu safety (semacam reflektor di bagian buritan motor) masih sepenuhnya dioperasikan oleh para pembalap. Tahun depan, lampu ini akan dikontrol langsung berdasarkan kondisi yang dibaca mesin dan elektronik.

Pengenalan Trek
Bagi para pembalap rookie, atau pindahan dari ajang balap lain, diperkenankan melakukan pengenalan trek menggunakan motor produksi massal yang kapasitaas mesinnya sama dengan tunggangannya di MotoGP. Tapi ada permintaan khusus agar motor bisa dimodifikasi. Harus ada homologasi komponn yang akan digunakan.


(UDA)