Jelang MotoGP Malaysia

Yamaha Harus Konsisten Riset M1 di Musim Berjalan

Ahmad Garuda    •    08 November 2016 13:12 WIB
motogp valencia
Yamaha Harus Konsisten Riset M1 di Musim Berjalan
Yamaha harus respon cepat permintaan para pembalapnya. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Valencia: Salah satu kelemahan yang dirasakan para pembalap Yamaha di MotoGP 2016 adalah Yamaha cukup lamban merespon permintaan kedua pembalap bintangnya. Sementara Honda yang awal musim MotoGP 2016 lalu cukup jeblok, tahun ini justru sanggup memberikan penekanan lebih baik, bukan hanya tim utama, tapi juga tim privatirnya.

Jorge Lorenzo menegaskan beberapa waktu lalu bahwa terakhir kali mereka meraih kemenangan adalah di MotoGP 2016, saat berlaga di Catalunya. Setelah itu mereka tak pernah lagi tampil dominan. Berbeda halnya dengan Honda, Suzuki dan Ducati. Mereka tetap intens melakukan riset (non mesin dan, bahkan di sesi latihan pun mereka memanfaatkan sebagai modal riset.

Pengamat balap MotoGP dan kontributor GPOne.com, Carlo Pernat menegaskan bahwa Yamaha harus gerak cepat merespon keinginan pembalap. Meski itu sedang dalam tahap musim berjalan. Tidak hanya memanfaatkan performa Valentino Rossi. Jika mereka hanya aktif melakukan riset di awal musim saja, maka pencapaian seperti tahun lalu tak bakal berbeda jauh dari MotoGP  tahun ini.

"Tak memenangi balapan 10 seri itu adalah hal yang menurutku cukup krusial untuk sebuah tim pabrikan yang tampil kompetitif atau superior sebelumnya. Apalagi jika pembalap yang bernaung di bawahnya adalah Valentino Rossi. Kini skill pembalap sudah mirip-mirip, tinggal meracik motor yang sesuai karakter berkendara pembalapnya yang jarus mereka perbaiki.

Tantangan besar ini semoga mampu dijawab dengan baik oleh Yamaha. Mengingat selisih performa dari tim-tim yang lain belum terlalu besar.


(UDA)