Moto2 2018

Buntut Aksi Berbahaya Fenati, MV Agusta Batalkan Kontrak

Patrick Pinaria    •    10 September 2018 23:51 WIB
moto2
Buntut Aksi Berbahaya Fenati, MV Agusta Batalkan Kontrak
Romano Fenati (Foto: AFP/Toshifumi Kitamura)

Misano: Sudah jatuh tertimpa tangga. Peribahasa tepat untuk menggambarkan kondisi pembalap Moto2 Romano Fenati saat ini. Setelah didiskualifikasi dan diputus kontrak oleh timnya gara-gara aksi berbahayanya pada Moto2 San Marino, Fenati kini juga batal bergabung dengan tim barunya, MV Agusta.

Fenati melakukan aksi tidak terpuji saat melakoni balapan Moto2 San Marino, Minggu 9 September. Saat itu, pembalap asal Italia tersebut secara mengejutkan menarik tuas rem lawannya, Stefano Manzi.

Aksi itu pun diketahui oleh panitia balapan. Mereka pun memutuskan untuk mendiskualifikasi Fenati pada balapan tersebut dan mengganjarnya larangan balapan untuk dua seri. Tidak hanya itu. pembalap 22 tahun tersebut juga diputus kontrak oleh timnya, Marinelli Snipers pada Senin 10 September.

Baca: Moto2: Ini Alasan Fenati Lakukan Aksi Berbahaya yang Membuatnya Dipecat

Nasib Fenati pun semakin terasa apes lantaran kontraknya juga dibatalkan oleh MV Agusta yang merupakan tim barunya pada Moto2 musim 2019. Pembatalan kontraknya pun diumumkan langsung oleh pihak MV Augusta.

"Pelanggaran serius dilakukan Fenati terhadap Manzi pada Moto2 San Marino memiliki dampak untuk masa depan. Ia tidak hanya mendapatkan larangan dua balapan," tulis pernyataan MV Agusta.

Baca: Moto2: Membahayakan Pembalap Lain, Fenati Dipecat

"MV Agusta tidak akan diperkuat Fenati pada 2019, tahun yang akan menjadi momen kembalinya tim dari pabrik Varese kembali ke level tertinggi di balap sepeda motor dan Kejuaraan Dunia Moto2. Kesepakatan antara MV Agusta dan Romano Fenati dibatalkan," lanjut pernyataan mereka.

Fenati pun mendapat kecaman dari pihak MV Agusta. Salah satunya presiden tim, Giovanni Castiglioni.

"Selama bertahun-tahun, saya menonton olahraga ini, saya tidak pernah melihat tindakan berbahaya seperti ini. Seorang pembalap yang dapat bertindak seperti ini tidak akan menjadi bagian dari perusahaan kami. Karena alasan ini, kami tidak ingin ia menjadi pembalap MV Agusta," tutur Castiglioni. (Crash)


Video: Peringatan Hari Olahraga Nasional Berlangsung Meriah di Solo

 


(ACF)