Keluhan Valentino Rossi Jelang GP Argentina

Gregah Nurikhsani Estuning    •    26 Maret 2018 20:46 WIB
motogp
Keluhan Valentino Rossi Jelang GP Argentina
Rossi naik podium GP Qatar. (Foto: AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)

Jakarta: Valentino Rossi bertekad tampil lebih baik lagi di ajang MotoGP Argentina yang berlangsung pada April mendatang. Untuk itu, ia akan berusaha memperbaiki sektor bannya agar motornya melaju lebih cepat. 

Pada race di Qatar kemarin, Rossi berhasil merangsek naik dari tangga keenam ke podium tiga. Pembalap asal Italia itu mengatakan jika ia harus melampaui batas untuk bisa menggapai hasil maksimal.

"Pertama-tama, pada kualifikasi saya sama sekali tidak puas dengan keseimbangan motor.  Saya sadar tim melakukan modifikasi pada ban depan. Buat ban memang bagus, tapi sayang saya jadi kehilangan kecepatan," ujarnya dinukil dari Crash.

"Nah, di balapan, saya bilang ke tim, 'Saya harus tancap gas terus'. Saat ban goyah, saya tahan. Jika tidak, ciao," sambungnya.

Klik: Marcus/Kevin: Permainan Agresif adalah Karakter Kami

Yamaha YZR-M1, tunggangan Rossi, menggunakan merek ban ternama dunia, Michelin. Menurutnya, tren ban saat ini lebih mengedepankan kecocokan ban dengan motor, bukan ban dengan pembalapnya.

Hal tersebut membuat Rossi dan pembalap lain yang memiliki gaya membalap berbeda harus kembali menyesuaikan. Ini sebetulnya sudah lama dikeluhkan oleh sejumlah pembalap lainnya, seperti Andrea Dovozioso yang bahkan harus beradaptasi dengan motornya sekaligus.

"Saya mencontohkan Dani (Pedrosa) dan Marc (Marquez). Motor mereka menggunakan tipe hard karena paling cocok dengan Honda. Semua motor Yamaha menggunakan medium karena alasan sama, itu yang paling cocok," lanjut Rossi.

"Jadi, semua ini lebih kepada ban yang menyesuaikan pabrikan, bukan kepada gaya membalap. Saya pernah coba pakai ban depan hard, tapi motor jadi lambat," pungkasnya.

Video: Marcus Alokasikan Hadiah untuk Menikah
 


(KAU)