MotoGP 2017

Dovizioso Terjatuh, Marquez Juara MotoGP 2017

Patrick Pinaria    •    12 November 2017 21:23 WIB
motogp 2017
Dovizioso Terjatuh, Marquez Juara MotoGP 2017
Marc Marquez (Foto: AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Metrotvnews.com, Valencia: Pembalap Repsol Honda Marc Marquez gagal menjuarai MotoGP Valencia pada Minggu 12 November. Ketika itu, pembalap asal Spanyol tersebut harus puas finis di peringkat ketiga. Namun, hasil tersebut sudah cukup membuat Marquez meraih gelar MotoGP 2017.

Hasil tersebut tentu sangat mengecewakan rivalnya Marquez, Andrea Dovizioso. Sebab, sebelum balapan, pembalap milik Ducati tersebut memiliki kans untuk meraih gelar lantaran hanya tertinggal 21 poin.

Dengan demikian, Dovizioso bisa menyalip posisi puncak klasemen dari Marquez seandainya ia sukses finis di peringkat pertama. Namun dengan syarat, Marquez finis di peringkat ke-12 atau gagal finis.

Apes bagi Dovizioso justru skenario tersebut tidak terjadi. Bahkan sebaliknya ia gagal finis pada MotoGP Valencia. 

BacaIndonesia Bawa Pulang Satu Gelar dari Macau Open 2017

Dovizioso sebetulnya sudah menunjukkan performa impresif pada awal balapan. Terbukti, ia sukses melesat ke posisi keenam setelah start pada posisi kesembilan.

Sementara itu, Marquez juga melakukan start sempurna. Ia sukses mempertahankan posisinya di depan. Namun, pada lap ketiga, posisi Marquez disalip Johann Zarco. 

Pada lap ke-23, Marquez berhasil merebut posisi Zarco. Sayangnya itu tidak bertahan lama lantaran ia sempat keluar lintasan. Beruntung, ia masih bisa mengendalikan keseimbangannya sehingga bisa melanjutkan balapan.

Namun, Insiden itu membuat Marquez turun ke posisi kelima. Saat bersamaan, Dovizioso sukses naik ke peringkat ketiga.

BacaPebulutangkis Legendaris Promosikan Karya Penyandang Difabel

Tetapi, sial bagi Dovizioso. Saat berjuang untuk merebut posisi terdepan, justru ia harus mengalami insiden pada lap ke-25. Ketika itu, ia keluar dari lintasan dan terjatuh sehingga membuatnya tak bisa melanjutkan balapan.

Terjatuhnya Dovizioso tentu membuat Marquez melaju dengan nyaman, meski akhirnya harus puas finis di peringkat ketiga. Sementara itu, posisi pertama sukses ditempati Dani Pedrosa dan posisi kedua ditempati Johann Zarco.

Kini, Marquez pun mengunci posisi puncak klasemen dengan mengoleksi 298 poin. Ia sukses unggul 37 poin dari Dovizioso. Sedangkan peringkat ketiga klasemen sementara ditempati Maverick Vinales dengan mengoleksi 230 poin.

Bagi Marquez, ini merupakan keempat kalinya sukses meraih gelar MotoGP. Sebelumnya, Marquez sukses meraih gelar pada musim 2013, 2014, dan 2016.

Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Valencia, Minggu 12 November:




Video: Pelita Jaya Juara Perbasi Cup 2017

 


(PAT)