Jack Miller: Ducati Desmosedici GP17 Masih Kompetitif

Kautsar Halim    •    23 Februari 2018 15:47 WIB
ducatiMotoGP 2018
Jack Miller: Ducati Desmosedici GP17 Masih Kompetitif
Jack Miller saat melakoni tes pramusim di Thailand. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)

Buriram: Jack Miller bisa menjadi salah satu kejutan di ajang MotoGP 2018. Pasalnya, ia langsung menunjukkan progres  sangat baik setelah bergabung dengan tim Alma Pramac Racing dan menjalani tes pramusim belakangan ini.

Miller tidak ketinggalan ambil bagian dalam tes pramusim terkini di Thailand yang berlangsung selama tiga hari (16-18 Februari). Saat itu, Miller bisa selesai di urutan enam besar jika melihat hasil kombinasi para pembalap.

Hasil itu terbilang mengejutkan karena diraih Miller dengan motor Ducati tahun lalu yang bernama Desmosedici GP17. Selain itu dua pembalap tim Ducati sebenarnya, yakni Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo malah berada di bawahnya.


Klik: Popovich Pesimistis Kawhi Leonard Bisa Bermain Musim Ini


Dovizioso dan Lorenzo menjalani pramusim dengan Desmosedici GP18. Khusus di Thailand, Dovizioso hanya selesai di urutan tujuh, sedangkan Lorenzo berada di peringkat 16. 

Sejatinya, kesulitan menunggangi Desmosedici GP18 sempat diutarakan oleh Lorenzo ketika berada di Thailand. Namun, itu menjadi tidak beralasan ketika Dovizioso mampu tampil konsisten. Di sisi lain, Miller malah mengatakan Desmosedici GP17 memang masih yang terbaik.

"Motor itu terasa sangat baik saya kendarai. Saya hanya perlu pengalaman lebih banyak dengan motor itu agar bisa meningkatkan kemampuan di segala sektor," kata Miller seperti dikutip crash. 

"Sama seperti tahun lalu, motor kami masih sangat kompetitif. Motor itu benar-benar kuat dan hanya perlu kematangan pikiran saja agar semuanya bisa oke saat balapan," tambahnya.


Klik: Cetak Sejarah, Syahrin Jadi Pembalap Malaysia Pertama di MotoGP


Bukan Miller saja pembalap satelit yang menggunakan Desmosedici GP17. Pasalnya, motor tersebut juga digunakan oleh Alvaro Bautista dari Angel Nieto Team dan Tito Reale Avintia Racing. Hadirnya ketiga pembalap itu diakui Bradley Smith dari tim KTM bakal mempengaruhi deretan garis start di musim 2018.

"Kita semua tahu ketika pembalap satelit menggunakan motor 2017. Biasanya mereka bakal melakukan gebrakan saat balapan dan bisa menyulitkan hidup kami," kata Smith di waktu yang berbeda. 

Setelah tes pramusim di Thailand, seluruh pembalap langsung terbang ke Qatar untuk melakukan uji coba di Sirkuit Losail, Qatar pada 1-3 Maret. Tes tersebut juga bakal menjadi latihan untuk menyambut seri pertama di tempat yang sama pada 18 Maret. 

Jack Miller yang masih berusia 23 tahun mengarungi musim lalu dengan menunggangi motor Honda RCV213V bersama tim EG 0,0 Marc VDS. Hasil akhirnya saat itu tidak terlalu baik karena Miller harus bertengger di urutan 11. (crash)


(KAU)