MotoGP Barcelona

Para Pembalap MotoGP Sambut Positif Dikembalikannya 'Wajah Lama' Sirkuit Catalunya

A. Firdaus    •    30 September 2017 11:01 WIB
motogp 2017
Para Pembalap MotoGP Sambut Positif Dikembalikannya Wajah Lama Sirkuit Catalunya
Sirkuit Catalunya (Foto: MotoGP)

Metrotvnews.com, Barcelona: Para Pembalap MotoGP telah memberikan respons positif, terkait rencana pihak penyelenggara GP Barcelona mengembalikan layout asli Sirkuit Catalunya antara tikungan 10 dan 12.

Sebelumnya, di antara tikungan tersebut merupakan lokasi kecelakaan yang menewaskan pembalap Moto2, Luis Salom. Setelah insiden tersebut, pihak sirkuit mengubah layout di sektor akhir itu, menjadi seperti apa yang biasa para pembalap F1 gunakan.

Sebuah chicane baru dibangun untuk balapan Barcelona tahun ini khusus MotoGP. Sayang para pembalap MotoGP justru tak menyukai layout tersebut, karena terlalu berisiko.

Klik di sini: Tour de Banyuwangi-Ijen Memasuki Etape Terakhir, Hari Ini

Alhasil rencana mengubah layout kembali ke sedia kala kembali tercetus. Dengan rencana tersebut, para pembalap mulai mengeluarkan komentar positif.

Respons positif itu dari para rider itu diakui oleh Direktur Keselamatan FIM, Franco Uncini. Ia secara gamblang memaparkan rencana trek Barcelona dengan para pembalap MotoGP dalam pertemuan dengan komisi keselamatan Jumat lalu.

Klik di sini: Sebastian Vettel Tercepat, Duo Mercedes Tergelincir

"Responnya sangat positif dan pekerjaan yang dilakukan sangat bagus. Montmelo [Barcelona] telah bereaksi dengan sangat baik," ujar pembalap Yamaha Maverick Vinales.

Senada dengan Vinales, rider Ducati Jorge Lorenzo juga mengutarakan tanggapan mengenai tikungan tersebut. "Tanggapan para pembalap sangat bagus, terutama mengenai tikungan kedua dari belakang. Kami semua ingin menjaga layout aslinya dan meningkatkan area run-off, dan begitulah jadinya," terang Lorenzo.

"Secara pribadi, saya tidak menyukai solusi untuk tikungan 10, karena jika kami melakukan kesalahan, kami bisa menabrak pengendara lain, seperti yang terjadi pada saya dan Andrea Iannone pada 2016," tambahnya.

Pengerjaan akan dijadwalkan setelah Natal dan selesai pada awal Februari 2018. Setelah selesai, sirkuit ini akan digunakan untuk latihan awal musim F1 pada 26 Februari tahun depan.

Aksi Marquez dan Pedrosa Mengendarai Traktor
 


(FIR)