Rival yang Diwaspadai Marquez pada Musim 2018

Kautsar Halim    •    06 Desember 2017 00:40 WIB
marc marquezmotogp 2017
Rival yang Diwaspadai Marquez pada Musim 2018
Marc Marquez (AFP PHOTO / PAU BARRENA)

 Cervera: Marc Marquez memang sukses menjuarai ajang MotoGP 2017. Namun, bukan berarti ia sudah puas begitu saja. Pembalap berjuluk Baby Alien itu dipastikan akan tetap mengejar gelar juara kelimanya pada musim depan. 

Marquez harus bertarung sengit hingga seri terakhir di Valencia untuk memastikan gelar juara MotoGP 2017. Pasalnya, terdapat setidaknya lima pembalap yang terus mengganggu sejak awal musim. 

Johann Zarco yang berstatus sebagai pembalap rookie Monster Yamaha Tech 3 kerap memberi kejutan. Ia mampu bersaing di deretan terdepan dengan Marquez, serta sejumlah pembalap besar lainnya. 


Klik: Marquez Sulit Jelaskan Mengapa Sering Terjatuh


Andrea Dovizioso bisa dikatakan musuh Marquez yang paling berat. Ia mampu bersaing dengan Marquez hingga seri terakhir dan sempat mengisi podium utama sebanyak enam kali. Nahasnya, Dovi malah gagal finis saat melakoni MotoGP Valencia.

Duo pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, sempat berpeluang menaklukkan Marquez. Namun peluang itu langsung tertutup setelah Vinales tampil kurang konsisten dan Rossi cedera. 


Klik: Marquez dan Pedrosa Jajal Mobil F3


Sementara itu, satu lagi pesaing Marquez adalah Dani Pedrosa yang merupakan rekan setimnya sendiri. Pembalap yang juga berasal dari Spanyol ini mampu finis tercepat saat melakoni GP Valencia hingga akhirnya bisa berada di posisi empat saat menyelesaikan musim 2017.

"Johan Zarco bakal tampil semakin cepat karena bisa menyelesaikan musim ini dengan cara yang bagus. Kemudian masih ada Dovi (Andrea Dovizioso) dari Ducati dan harus kami lihat juga bagaimana perkembangan level tim Yamaha," kata Marquez.

"Seperti yang kita ketahui bersama, kaki saya selalu menginjak bumi. Kami hanya berstatus sebagai juara dunia sampai dengan akhir Desember. Januari nanti sudah memasuki musim baru dan saya harap bisa bertarung seperti ini sekali lagi pada tahun depan," tambahnya.

Dengan diraihnya gelar juara MotoGP 2017, artinya Marquez juga berhak menyandang status sebagai pembalap termuda yang pernah menjuarai ajang MotoGP sebanyak empat kali. Gelar itu sudah diraih Marquez pada 2013, 2014, 2016, dan 2017. (crash)




(KAU)