MotoGP Valencia

Sensor ECU Rusak, Penyebab KTM RC16 Gagal Finish

Ahmad Garuda    •    14 November 2016 13:23 WIB
motogp valencia
Sensor ECU Rusak, Penyebab KTM RC16 Gagal Finish
KTM RC19 mengalami masalah kerusakan sensor ECU sejak awal balapan. KTM

Metrotvnews.com, Valencia: Menyenangkan ketika melihat bertambahnya tim pabrikan di MotoGP Valencia (13/11/2016). Tapi sayang, masalah yang terjadi saat debut mereka di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, membuat KTM RC16 gagal menyentuh garis finish.

Masalah yang dikeluhkan Mika Kallio saat menunggangi motor tersebut adalah terjadi kerusakan sensor engine control unit (ECU) motornya. Hal ini membuat tenaga yang tersalur ke roda belakang sangat besar. Akibatnya ban belakang selip karena over power dan itu terjadi beberapa lap di awal balapan. Hingga akhirnya Kallio memutuskan untuk berhenti.

"Saya merasakan ada sesuatu yang tidak bekerja dengan maksimal di motor ini. Jadi rasanya kehilangan banyak power saat berakselerasi. Ban jadi berputar di tempat saat coba buka gas saat keluar dari tikungan. Ini membuat kondisi ban belakang jadi sangat panas dan berisiko tinggi membuat celaka sang pembalapnya," klaim Kallio.

Tapi Kallio melihat ada banyak hal positif yang bisa Ia kembangkan dari situ. Hal pertama adalah mesinnya punya power yang cukup bagus dan ini menjadi modal pertama yang bisa membuat mereka tampil kompetitif. Mereka bahkan bisa tampil kompetitif meski tanpa perangkat aerodinamika untuk bodi motor, seperti winglet.

Hal kedua adalah geometry motor saat posisi ban bakar penuh dan saat bahan bakar sudah mulai sepertiga ukuran tangki. Pembalap asal Swiss itu tak merasakan perbedaan yang sangat besar.

"Selain menemukan sisi positif, kami juga menemukan sisi negatif motor ini setelah mengkomparasikan langsung dengan pembalap lain. Yaitu saat berada di bagian pertama tikungan, motor agak lambat dalam merespon. Sehingga mereka selalu kehilangan banyak waktu di sana."

Sebagai tindak lanjutnya, KTM bakal mengikuti sesi tes resmi MotoGP akhir musim pada Selasa-Rabu (15-16/11). Bagian yang menarik adalah karena Pol Espargaro dan Bradley Smith bakal ikut serta menggeber motor ini sebagai pembalap utama di 2017.


(UDA)