MotoGP

Legenda MotoGP Angel Nieto Meninggal Dunia

Krisna Octavianus    •    04 Agustus 2017 09:46 WIB
motogp 2017
Legenda MotoGP Angel Nieto Meninggal Dunia
Angel NIeto (Foto: crash)

Metrotvnews.com, Ibiza: Legenda MotoGP, Angel Nieto akhirnya harus mengalah pada luka yang dia diderita dalam kecelakaan lalu lintas di Ibiza, Spanyol pekan lalu. Dia meninggal pada Kamis 3 Agustus malam WIB.

Angel Nieto, pemenang kejuaraan dunia grand prix sebanyak 12+1 itu, meninggal setelah tak mampu melawan cedera yang diderita dalam kecelakaan sepeda di Ibiza. Pria berusia 70 tahun itu dalam keadaan koma akibat insiden sepekan terakhir, tetapi kondisinya memburuk dengan cepat pada Kamis 3 Agustus dan kemudian meninggal.

BACA: Finlandia Resmi Masuk Kalender MotoGP 2019

Legenda asal Spanyol itu memenangkan 90 balapan di kelas 50cc, 80cc, dan 125cc antara 1964 sampai 1986. Salah satu kemenangan heroiknya adalah ketika seri kejuaraan dunia 125cc di kampung halamannya sendiri yang menggairahkan di Jarama dan sejak saat itu dia mengubah balap motor menjadi salah satu tontonan utama di Spanyol. Nieto akan selalu dikenang sebagai pembalap hebat Spanyol.

Sebuah karakter yang penuh warna sepanjang masa pada kejuaraan dunia grand prix, Nieto merebut enam juara dunia kelas 50cc dan tujuh gelar kelas 125cc. Karier hebat itu diraihnya dengan lima jenis motor yang berbeda: Derbi, Bultaco, Garelli, Minarelli, dan Kreidler.

Ketika memutuskan pensiun, Nieto tak jauh-jauh dari dunia balap motor dengan bergabung salah satu tim balap. Dia menyaksikan pengendara Emilio Alzamora mengklaim gelar juara dunia 125cc pada 1999. Sementara itu, dia juga pernah manajer tim dari regu Via Digital Honda.

Nieto mengawali karier balapnya pada 1964 ketika turun pertama kali di ajang GP 50cc di seri Spanyol. Dia mengakhiri kariernya di dunia balap motor pada 1986 pada seri Baden-Württemberg Grand Prix. (Crash)

 


(KRS)