Jelang MotoGP Prancis

Duo Yamaha Start Terdepan di MotoGP Prancis

Kautsar Halim    •    20 Mei 2017 21:15 WIB
motogp 2017
Duo Yamaha Start Terdepan di MotoGP Prancis
Maverick Vinales dan Valentino Rossi pimpin MotoGP Argentina. (AFP PHOTO / JUAN MABROMATA)

Metrotvnews.com, Le Mans: Torehan kurang meyakinkan selama latihan bebas tidak mengendurkan semangat Maverick Vinales dan Valentino Rossi untuk menyambut MotoGP Prancis. Buktinya, dua pembalap Movistar Yamaha itu malah berada di urutan terdepan untuk memulai start.

Posisi start keduanya diketahui setelah melakoni sesi kualifikasi pada Sabtu 20 Mei. Vinales merebut pole position setelah mencatat waktu terbaik 1 menit 31.994 detik, sedangkan Rossi berada di belakangnya dengan selisih waktu 0.106 detik.


Klik: FP3 MotoGP Prancis Dikuasai Para Pembalap Medioker


Perjuangan Vinales merebut pole position cukup berat karena hanya berada di urutan 10 besar ketika melakoni tiga kali latihan bebas. Beruntung, ia mampu bangkit dengan menguasai sesi latihan bebas keempat dan menemukan strategi yang tepat ketika melakoni kualifikasi. "Saya sudah berusaha keras sejak kualifikasi pertama tapi masih kurang mampu mendapatkan waktu tercepat. Meski begitu, saya yakin bisa memperbaikinya hingga 1 menit 31 detik," ujar Vinales seusai sesi kualifikasi.

"Selain itu, motor yang saya gunakan juga sangat baik dan kami berhasil menemukan ban yang tepat. Saya mengambil banyak keuntungan dari hal itu," tambahnya.

Perjuangan Rossi juga patut diacungi jempol untuk merebut start urutan kedua. Pasalnya, pencapaian terbaiknya hanya berada di urutan ketiga saat latihan bebas.

Selain itu, The Doctor juga mendapat perlawanan sengit dari Jack Miller yang merajai sesi latihan bebas pertama. Beruntung, pembalap tim EG 0,0 Marc VDS itu terjatuh ketika berada di depan Rossi.



"Jarak saya dengan Jack cukup renggang. Namun, saya bisa selesai lebih cepat. Meski kehilangan waktu saya masih memiliki kesempatan di lap berikutnya dan berhasil tampil lebih baik. Catatan waktu saya memang tidak cukup untuk merebut pole position, namun start di urutan dua sudah merupakan modal bagus untuk memulai balapan esok hari," kata Rossi mengomentari pencapaiannya di sesi kualifikasi MotoGP Prancis.


Klik: KOI Sambut Hangat Kepulangan Tim Angkat Besi Indonesia


Selain Miller, pembalap Repsol Honda Marc Marquez juga tergelincir ketika berusaha menaklukkan tikungan ketiga (T3). Namun, nasibnya terbilang lebih baik karena Marquez masih bisa melanjutkan sesi kualifikasi. Atas upayanya tersebut Marquez akan memulai start dari urutan lima.

Johann Zarco yang merupakan pembalap debutan musim ini juga tidak mengecewakan para fan di tanah kelahirannya. Ia mampu bersaing dengan duo Yamaha dengan merebut start di urutan ketiga. Penampilannya baru terlihat menakjubkan ketika melakoni sesi latihan bebas keempat dan dua kali kualifikasi.

Berikut hasil lengkap sesi kualifikasi MotoGP Prancis:






 


(KAU)