MotoGP Qatar 2018

MotoGP: Kegagalan di Losail Bukan Salah Zarco

M. Rizky Adhestian    •    19 Maret 2018 22:12 WIB
MotoGP 2018
MotoGP: Kegagalan di Losail Bukan Salah Zarco
Momen saat Johann Zarco memimpin seri pembuka MotoGP 2018 di Sirkuit Losail, Qatar sebelum akhirnya finis di posisi delapan (Foto: AFP/KARIM JAAFAR)

Losail: Memulai balapan dari posisi pertama tidak menjadi jaminan bagi Johann Zarco untuk meraih podium. Pembalap Yamaha Tech3 itu mengatakan masalah ban depan adalah penyebab atas kegagalannya tersebut.

Zarco menjadi yang tercepat pada babak kualifikasi Grand Prix pembuka MotoGP musim 2018 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Namun, keunggulannya memulai balapan dari grid pertama hanya bertahan hingga lap ke-18 setelah Andrea Dovizioso berhasil mengusik singgasananya.

Menurut Zarco, ia merasakan ada yang tidak beres dengan motor saat melewati lap ketujuh meski masih bisa memimpin di depan. Akan tetapi, dari situ pembalap asal Prancis tersebut mulai kesulitan mempertahankan tempatnya hingga akhirnya finis di posisi delapan.
 

Baca: Dikalahkan Dovi di Tikungan Terakhir, Marquez: Seperti Deja vu!


Zarco mengatakan bahwa tim dari Tech3 dan teknisi Michelin telah mengonfirmasi kepadanya bahwa memang terjadi sesuatu yang salah dengan ban depan setelah balapan berakhir. Hal tersebut lantas membuat rider berusia 27 tahun itu tidak terlalu kecewa atas hasil yang diraihnya.

"Saya telah melakukan yang terbaik. Saya lakukan yang saya bisa, saya melakukannya dan ketika saya mendengar dari teknisi Michelin dan tim saya mengatakan bahwa ada sesuatu yang salah (pada motornya), artinya ya sudah, Pekerjannya ridernya sudah selesai," kata Zarco.
 

Baca juga: Sembuh dari Tifus, Eko Yuli Termotivasi Raih Emas


"Ketika Anda melakukan olahraga ini, hal tersebut bisa saja terjadi. Itulah mengapa saya tetap tersenyum dan lagi pula, posisi delapan ketika Anda punya masalah, itu berarti Anda (tetap) kompetitif. Saya sempat memimpin balapan, mungkin saya agak lamban tetapi tidak ada yang menyalip saya, berarti saya bagus hari ini," sambungnya.

Zarco terpaksa merelakan kesempatannya untuk meraih kemenangan perdananya di MotoGP. Pemenang seri perdana musim ini adalah Andrea Dovizioso yang berhasil mengalahkan Marc Marquez di tikungan terakhir dengan jarak waktu yang sangat tipis 0,027 detik. (Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Kevin/Marcus Pertahankan Gelar Juara All England




(ACF)