Teknis MotoGP

Aprilia RS-GP17, Baru Nongol Januari 2017

Ahmad Garuda    •    07 November 2016 16:48 WIB
teknologi motogp
Aprilia RS-GP17, Baru Nongol Januari 2017
Aprilia belum siap debut RS-GP17 di Valencia. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Noale: Tim-tim balap MotoGP mulai menyiapkan paket terbaru motor mereka untuk musim kompetisi 2017. Tapi Aprilia Racing takkan menggunakan motor baru di sesi tes resmi akhir musim. Menurut direktur teknis Aprilia Racing yaitu Romano Albesiano, bahwa motor versi 2017 baru akan siap debut di sesi tes resmi pra musim MotoGP 2017 di Sepang, Malaysia akhir Januari mendatang.

"Kami tak akan membawa motor baru di Valencia. Aleix Espargaro dan Sam Lowes akan menggunakan RS-GP yang tahun ini kami gunakan. Tapi dengan akan ada sedikit evolusi dan inovasi yang akan kami berikan. Makanya di sesi tes nanti kami akan fokus untuk mengumpulkan data terbaru dari kedua pembalap kami dan menjadikannya dasar untuk melakukan ubahan di RS-GP 2017," klaim Albesiano melalui GPOne.com

Pria asal Italia itu menambahkan bahwa secara umum, motor mereka tak memiliki masalah. Hanya saja beberapa komponen yang mereka aplikasi di motor tersebut, belum maksimal penggunaan atau setup-nya. Tak heran jika Albesiano menegaskan bahwa tak ada perubahan besar RS-GP yang ada tahun ini dengan tahun depan. Dari sisi teknis untuk meningkatkan performa keseluruhan, mereka masih lebih fokus dengan apa yang diinginkan kedua pembalapnya.

"Satu-satunya hal yang membuat pembalap kami belum puas adalah performa motor saat menikung. Di zona ini mereka belum menemukan setup terbaik agar bisa masuk dan keluar dengan sempurna. Jadi kami akan fokus di sisi itu terlebih dahulu."

Meski menyatakan motor baru mereka bakal nongol di akhir Januari 2017, tapi Aprilia tak menutup kemungkinan untuk mengikuti sesi tes privat akhir November 2016 di Jerez, Spanyol nanti.


(UDA)