Jelang MotoGP Italia

Maverick Vinales Beberkan Penyebab Kecelakaan di FP2

Kautsar Halim    •    03 Juni 2017 13:00 WIB
motogp 2017
Maverick Vinales Beberkan Penyebab Kecelakaan di FP2
Maverick Vinales. (AFP PHOTO / TIZIANA FABI)

Metrotvnews.com, Mugello: Maverick Vinales tidak mengalami cedera berarti usai terjatuh pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Italia, Jumat 2 Juni. Meski begitu, banyak hal yang ia pelajari dari kecelakaan tersebut. 

Vinales terjatuh cukup keras ketika ingin melewati salah satu tikungan di FP2. Saat itu motornya yang melaju dengan kecepatan 130 mil per jam terguling parah di sisi lintasan.


Klik: Crutchlow Tercepat di FP2, Vinales Alami Kecelakaan


Beruntung, pembalap Yamaha Movistar itu punya respons sangat baik ketika terjadinya kecelakaan. Alhasil tidak ada cedera serius yang menimpa, meski motornya mengalami kerusakan.  "Kondisi saya sudah oke setelah terjatuh. Mungkin ada sedikit kerusakan tapi tetap oke. Saya memang terlalu memaksakan diri pada putaran itu," ujar Vinales seperti dilansir Crash, Sabtu (3/6/2017).


Klik: Venus dan Muguruza Tembus Babak Keempat


Vinales menjelaskan, kecelakaan itu terjadi karena ia belum menemui setelan yang tepat dengan motor YZR-M1. Menurutnya, penggunaan ban medium tidak cocok  untuk digunakan dengan kondisi tangki bensin masih penuh.

"Saya pikir bakal lebih baik jika menggunakan kompon lembut. Pasalnya kinerja motor memang lebih baik ketika menggunakan ban dengan kompon lembut. Tapi kita lihat saja besok dan ketika balapan," kata Vinales

"Saya tidak mendapat perasaan yang baik dengan bagian depan motor, khususnya dengan sisi sebelah kanan. Tapi saya tetap katakan semuanya oke. Mungkin karena tanki bensinnya masih penuh dan saya pun harus melakukan beberapa putaran lagi," papar Vinales.

Meski terjatuh, Vinales tetap bertengger urutan 13 di papan klasemen FP2. Waktu terbaiknya setelah menyelesaikan 13 putaran sirkuit hanya 1 menit 48.014 detik. (crash) 




(KAU)