MotoGP 2019

Pendapat Para Rival tentang Debut Lorenzo di Honda

A. Firdaus    •    23 November 2018 18:12 WIB
motogp
Pendapat Para Rival tentang Debut Lorenzo di Honda
Pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo (Foto: MotoGP)

Valencia: Tes pramusim 2019 yang berlangsung di Sirkuit Tormo, Valencia menjadi momen perdana Jorge Lorenzo menunggangi motor Honda. Berbagai pendapat pun dilontarkan oleh rival Lorenzo. 

Lorenzo melakukan debut menjajal motor RC213V milik Honda selama dua hari. Pembalap Spanyol tersebut kalah 0.827 detik di belakang Maverick Vinales dari Movistar Yamaha yang menjadi tercepat.

Pemegang lima kali juara dunia itu enggan berbicara kepada media tentang debutnya, karena alasan kontrak. Tetapi para rival tak ingin ketinggalan mengutarakan pendapat mereka tentang penampilan Lorenzo di atas motor Honda.

"Ini menarik karena dia telah mencoba motor baru. Saya pikir selangkah demi selangkah. Honda adalah motor yang sulit pada hari pertama, tapi dia akan beradaptasi sesegara mungkin," ujar Marquez.

Sementara itu, mantan rekan setimnya di Ducati, Andrea Dovizioso tak ketinggalan mengomentari Lorenzo. Meski tak berada di lintasan pada waktu yang sama, Dovizioso mengatakan kalau ini adalah awal yang baik buat Lorenzo.

"Saya tidak melihat Jorge saat di lintasan. Saya hanya melihatnya di televisi. Saya tidak berpikir itu awal yang buruk, tapi dia tidak terlalu nyaman untuk mengendarai motor baru dan melakukan apa yang diinginkannya dengan motor baru, tetapi sepertinya awal yang baik,” ujar pembalap yang akrab disapa Dovi.

Pendapat berbeda dilontarkan mantan tandem Lorenzo selama tujuh musim di Yamaha, Valentino Rossi. Pembalap berjuluk The Doctor tersebut berujar kalau Lorenzo tak terlalu baik mengawali start bersama Honda.

"Saya berada di belakang Lorenzo, saya berada di belakang Pecco, saya berada di belakang Franco. Ketika saya melihat Lorenzo, dia tidak melaju dengan sangat cepat. Katakanlah dia masih tidak terlihat baik menunggangi motor Honda," ujar Rossi.

Kendati demikian, Rossi menganggap ada faktor yang menyebabkan Lorenzo tak tampil maksimal. Pemegang juara dunia sembilan kali ini menilai cedera pergelangan tangan yang menimpa Lorenzo masih menjadi kendala.

David Jacobs Tatap Paralimpiade Tokyo 2020



(FIR)