Jelang MotoGP Jepang

Aprilia 'Disuntik' Rangka Baru Mulai di Motegi

Ahmad Garuda    •    13 Oktober 2016 14:43 WIB
motogp jepang
Aprilia Disuntik Rangka Baru Mulai di Motegi
Kedua pembalap Aprilia ini bakal pakai rangka baru di MotoGP Jepang. Aprilia

Metrotvnews.com, Jepang: Aprilia RS-GP bisa dibilang tak mengalami banyak perubahan jika melihat pencapaian posisi finishnya atau targetnya saat balapan berlangsung. Namun dari hasil sesi kualifikasi, komponen yang mereka bawa atau setup ulang, mulai memperlihatkan hasil bagus.

Menjelang MotoGP Jepang yang berlangsung Minggu (16/10/2016), pabrikan yang bermarkas di Noale, Italia itu pun menargetkan alokasi rangka baru buat kedua pembalapnya. Rangka baru ini dipasok ketika melihat ada hasil positif saat memasok rangka baru di MotoGP Inggris September lalu.

Alvaro Bautista baru serius menggunakan rangka baru itu ketika MotoGP Misano, San Marino. Setup-nya mulai diperhatikan dan disesuaikan dengan gaya yang diinginkan pembalap asal Spanyol ini. Hasilnya menyenangkan, karena Bautista akhirnya mampu meraih sesi kualifikasi kedua dan finish di 10 besar.

Berbekal dari rangka yang terakhir mereka gunakan inilah yang dikembangkan lagi oleh Aprilia. Bagian yang menjadi konsentrasi di rangka baru tersebut adalah memperbaiki stabilitas motor saat melakukan pengereman berat seperti di Motegi. Ini jadi kuncian, mengingat beberapa tim papan bawah kurang kuat di sisi ini dan rata-rata fokus di zona tikungan.

"Sekarang yang menjadi masalah terbesar kami menggunakan Aprilia RS-GP adalah di zona pengereman. Motor tidak stabil saat melakukan pengereman dan membuat kami harus mengambil jarak yang lebih jauh. Di zona inilah kami banyak kehilangan kesempatan karena selalu tersalip oleh pembalap lain," ujar Stefan Bradl yang merupakan rekan setim Alvaro Bautista.

Bradl melanjutkan, arah pengembangan yang mereka lakukan saat ini sudah menemukan titik terang. "Aprilia sudah memberikan apa yang kami minta, kami berharap langkah ini menjadi jawaban tepat untuk memberikan efek peningkatan performa kami di zona yang kami rasa sangat sulit selama ini."


(UDA)