Lorenzo Mengaku Adaptasi dengan Honda tidak Mudah

Muhammad Al Hasan    •    29 Januari 2019 18:14 WIB
MotoGP 2019
Lorenzo Mengaku Adaptasi dengan Honda tidak Mudah
Jorge Lorenzo. (Foto: AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Jorge Lorenzo mengaku sulit beradaptasi bersama tim Honda. Tetapi, dia berusaha mengikuti setiap perkembangan teknologi motor terbaru.

Madrid: Pembalap anyar tim Repsol Honda, Jorge Lorenzo mengaku tidak mudah beradaptasi dengan tunggangan barunya. Ia bilang, masing-masing pembalap memiliki kepiawaian terhadap tunggangan masing-masing, layaknya Rossi dengan Yamaha YZR M-1 atau Marc Marquez dengan Honda RC213V-nya.

Sementara Lorenzo, dia mengaku lebih mudah beradaptasi dengan Ducati. Apalagi, kata Lorenzo, teknologi kuda besi MotoGP setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan. 

"Sekarang sangat sulit untuk beradaptasi di MotoGP karena (teknologi) motornya sangat rumit, seperti yang saya ketahui dengan Ducati, jadi tidak mudah (untuk mengganti motor) adaptasi saya dengan Honda, meski tidak terasa (sempurna) benar, namun berjalan cukup baik saat di Valencia dan Jerez," ungkap Lorenzo kepada Crash.

Kendati demikian, ia bilang perpindahannya ke Honda mengingatkannya saat dia bergabung dengan tim Yamaha, mendampingi Valentino Rossi pada 2008. 

Baca: Cerita Lorenzo yang Sempat Setim dengan Rossi dan Marquez

"Yang pasti di area itu Marc memiliki keunggulan. Saya punya banyak hal untuk dipelajari darinya. Jadi saya masuk ke tim dengan banyak kebahagiaan dan kebanggaan tetapi juga banyak kerendahan hati mencoba, sedikit demi sedikit, untuk memahami segalanya dan mendapatkan hasil," ujar Lorenzo.

"Mari kita lihat bagaimana kelanjutannya,"pungkasnya.

Lorenzo kini masih menjalani pemulihan pascaoperasi di Valencia, Senin 21 Januari lalu. Ia dipastikan bakal absen saat tes balap pramusim di Sepang, Malaysia 6 Februari nanti. Lorenzo baru diprediksi akan kembali turun ke ke sirkuit saat tes pramusim di Qatar, 23-25 Februari.

Video: Piala Presiden Esport 2019 Siap Digelar


(ASM)