Tes MotoGP

Ducati GP17 Takkan Berbeda Karakter dari GP16

Ahmad Garuda    •    14 Oktober 2016 10:19 WIB
tes motogp
Ducati GP17 Takkan Berbeda Karakter dari GP16
Aksi Pirro di salah satu pengetesan Ducati saat belum menggunakan sayap. Bauer

Metrotvnews.com, Valencia: Tugas Ducati untuk menyiapkan unit motor prototipe GP17 berjalan lebih awal. Mereka melakukan itu lantaran diprediksi, Jorge Lorenzo hanya berkesempatan melakukan sekali pengetesan saja usai seri terakhir MotoGP 2016. Michele Pirro sebagai test rider pun mulai sibuk melakukan pengetesan awal.

Berdasarkan regulasi MotoGP 2017 yang mulai melarang penambahan sayap atau winglet di motor, membuat Ducati harus bekerja keras untuk mewujudkan hal itu. Mengingat berbagai rumor menyebutkan bahwa motor ini bakal menerapkan gaya baru dalam hal desain.

Dari sisi hitungan matematis, tanpa bantuan sayap, pastinya ada bagian yang mereka desain ulang agar efeknya tetap memiliki downforce (daya tekan ke bawah) besar menekan kemungkinan wheelie (ban depan terangkat saat akselerasi) di motor tersebut. Sayangnya belum ada foto bocoran model terbaru Ducati GP17 yang sudah mulai diuji coba Pirro di Valencia.

Namun ada sedikit bocoran pernyataan dari Andrea Dovizioso tentang GP17 yang sedang diuji coba oleh Pirro. Yaitu motor tersebut tak bakal mengalami perubahan besar dari yang ada tahun ini. Tapi hanya penyempurnaan, mengingat tahun ini mereka sudah cukup konsisten. Tinggal mencari setup tepat untuk membuatnya jadi motor yang kompetitif di semua sirkuit.

"Ducati takkan membuat motor yang benar-benar baru seperti yang mereka lakukan tahun-tahun sebelumnya. Mengapa? karena tahun ini saja kami sudah cukup mampu tampil kompetitif. Hanya beberapa komponen baru seperti termasuk penyesuaian dengan spesifikasi regulasi MotoGP 2017," papar Dovi.

Bisa disimpulkan bahwa karakter motor ini takkan berbeda jauh dari apa yang ada tahun ini. Fokus Ducati hanya memberikan sentuhan yang tepat untuk membuat motor lebih presisi saat melahap tikungan yang panjang-panjang.


(UDA)