Teknis MotoGP

Pakai Cakram Carbon, Smith Konsentrasi Jaga Temperatur

Ahmad Garuda    •    06 November 2016 09:45 WIB
teknologi motogp
Pakai Cakram Carbon, Smith Konsentrasi Jaga Temperatur
Bradley tetap pilih cakram carbon meski dalam kondisi balapan trek basah. Tech3

Metrotvnews.com, Sepang: Ada beberapa hal menarik yang dicermati di sesi balapan MotoGP di Sepang, Malaysia (30/10/2016) lalu. Salah satu di antaranya adalah penggunaan cakram carbon di kelas MotoGP.

Mungkin dalam kondisi trek atau balapan yang berlangsung dalam cuaca normal, itu adalah hal yang lumrah. Namun dalam kondisi trek basah serta penurunan temperatur sirkuit yang diprediksi cukup besar, membuat banyak pembalap memilih pakai cakram dari metal atau besi.

Bagi Bradley Smith, itu bukanlah pilihan mudah. Lantaran penggunaan cakram besi atau metal malah membuat banyak hal yang berubah di motor. Terutama dalam hal feeling ke roda depan dan lain sebagainya. Pembalap asal Inggris itu pun memilih menggunakan cakram carbon, Ia jadi salah satu dari dua pembalap yang menggunakan cakram tipe ini dalam kondisi balapan yang diawali dengan hujan deras itu.

"Setelah mempelajarinya dengan cermat, saya melihat perbedaan yang sangat besar dalam hal performa. Bagiku feeling di cakram metal atau besi ini, terlalu aneh untuk kondisi cuaca seperti ini. Juga sangat tidak konsisten apalagi saat digunakan sepanjang balapan berlangsung. Kemudian belum lagi vibrasi yang muncul dan membuat tak nyaman," klaim Smith.

Tapi Ia sadar dengan tantangan besar yang Ia harus hadapi saat memutuskan pakai cakram carbon. Yaitu temperatur harus mencapai posisi tertentu untuk membuatnya bekerja dengan maksimal. Jika tidak, maka pakemnya rem cakram takkan terasa.

Pembalap yang tahun depan bakal memperkuat tim KTM Racing tersebut, menuturkan solusinya adalah menjaga konsistensi temperatur cakram. Beruntung di Sepang, Malaysia ada beberapa titik pengereman berat. Sehingga konsistensi temperatur bisa tetap terjaga. Apalagi penggunaan tutup cakram, juga membantu menjaga temperaturnya.


(UDA)