Jelang MotoGP Australia

Marquez Kini Fokus Amankan Juara Dunia Tim dan Konstruktor

Ahmad Garuda    •    19 Oktober 2016 09:53 WIB
motogp australia
Marquez Kini Fokus Amankan Juara Dunia Tim dan Konstruktor
Marc Marquez dan tim Repsol Honda masih punya tugas mengamankan titel juara dunia konstruktor dan tim. Repsol Honda

Metrotvnews.com, Phillip Island: Beberapa pengamat menilai bahwa sekarang Marc Marquez takkan punya beban lagi untuk balapan dengan gayanya yang dulu. Lantaran Ia sudah mengamankan titel juara dunia dan tak punya beban lagi. Tapi ternyata tidak, kini Ia harus fokus meraih titel juara dunia di ketagori tim dan konstruktor.

Tentunya tidak mudah untuk mengamankan tiga-tiganya, meski Ia meraih kemenangan. Sebab di sini yang menonjol adalah pencapaian kedua pembalapnya. Jika salah satunya tidak finish maka itu jadi kerugian tersendiri. Sementara untuk poin konstruktor, semua pembalap yang menggunakan motor dengan merek yang sama yang finish di zona poin, itu yang bakal dihitung.

"Kami akan mencoba dengan sekuat tenaga untuk meraih hasil terbaik dan mengamankan titel juara dunia konstruktor dan tim. Ini adalah hal yang tidak kalah pentingnya bagi kami. Masalahnya di Sirkuit Phillip Island, kondisi cuaca menjadi adalah yang cukup mengganggu. Sekarang kondisinya sedang cukup dingin dan selalu dalam kondisi berangin. Jelas butuh setup motor yang sempurna agar stabil di semua sektor," klaim Marquez.

Sekarang perebutan poin di klasemen tim memang masih agak longgar karena selisihnya adalah 51 poin. Tim Repsol Honda masih memimpin dengan pencapaian 429 poin sementara Movistar Yamaha MotoGP mengumpulkan 378 poin. Disusul oleh Suzuki dengan 247 poin. Kalau melihat secara peluang, Suzuki sudah tak mungkin lagi bertarung meraih titel juara dunia di klasemen tim. Jadi yang tersisa adalah Repsol Honda dan Movistar Yamaha saja.

Sementara di klasemen konstruktor, malah lebih menarik dan masih cukup ketat. Kali ini Honda sedang memimpin dengan pencapaian 316 poin, sedangkan Yamaha hanya meraih 288 poin dan disusul oleh Ducati 207 poin. Baik Honad, Yamaha dan Ducati, masing-masing masih punya kesempatan untuk mengamankan titel juara dunia di klasemen konstruktor ini.

Untuk memperkuat pencapaian poin di kedua klasemen tersebut, Repsol Honda memilih Nicky Hayden untuk menemani Marc Marquez meraih poin yang banyak di MotoGP Australia.


(UDA)