Reli Monza

Kesan Rossi usai Cetak Sejarah di Reli Monza

A. Firdaus    •    04 Desember 2017 19:57 WIB
valentino rossi
Kesan Rossi usai Cetak Sejarah di Reli Monza
Valentino Rossi saat beraksi di Reli Monza (Foto: @valeyellow46)

Monza: Valentino Rossi meraih juara saat mengikuti acara Reli Monza 2017, pada Minggu 3 Desember. Torehan itu membuat Rossi mencetak sejarah karena menjadi satu-satunya pembalap yang meraih enam gelar di kejuaraan tersebut.

Sebelum tampil gemilang pada sesi tahun ini, Rossi juga pernah menjadi yang terbaik pada 2006, 2007, 2012, 2015, dan 2016. Praktis, rider asal Italia tersebut melewati catatan yang diciptakan Rinaldo Capello yang telah mengoleksi lima gelar di Reli Monza.

"Ini adalah salah satu pertandingan Reli Monza yang paling sulit yang saya alami, karena ada empat pesaing yang bisa menang, dan semua pembalap sudah dekat sampai garis finis," kata Rossi menceritakan proses balapannya.

Klik di sini: Produsen Ban asal Prancis Sebut Ajang F1 Tidak Menantang

Pencapaian yang diraih Rossi ini cukup mengejutkan. Sebab ia sempat kena penalti 10 detik, karena mobil Ford Fiesta WRC 2016-nya beratnya lebih ringan 7 kg dari yang seharusnya. Bahkan rasa frustrasi sempat menggelayutinya.

"Sayangnya tim membuat kesalahan kecil terkait bobot mobil. Itu adalah kesalahan bodoh!. Ketika saya berhenti setelah fase kedua dan mereka mengatakan bahwa saya mendapat penalti 10 detik. Saya mengatakan semuanya telah selesai," sesal Rossi.

Reli Monza telah berlangsung selama 38 kali. Balapan ini memulai pegelarannya pada 7 Desember 1938 dan kerap menghadirkan para pembalap profesional dari berbagai ajang balap. Seperti mantan pembalap F1 Robert Kubica dan jawara Reli, Sebastian Loeb.

Toni Bou Juara Putaran Pertama FIM X-Trial World Championship 2018
 


(ACF)