Jelang MotoGP Malaysia

Demi Titel Juara, Marquez Bakal Tampil Hati-hati di MotoGP Malaysia

Kautsar Halim    •    26 Oktober 2017 19:03 WIB
marc marquezmotogp 2017
Demi Titel Juara, Marquez Bakal Tampil Hati-hati di MotoGP Malaysia
Marc Marquez. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)

Metrotvnews.com, Selangor: Marc Marquez belum berani memprediksi bakal keluar sebagai pemenang di ajang MotoGP Malaysia. Itu terjadi karena Sirkuit Internasional Sepang dianggapnya selalu memberikan kesulitan tersendiri.

Setelah menjuarai MotoGP Australia pada pekan lalu, peluang Marquez untuk mengunci gelar juara musim ini tinggal selangkah lagi. Prestasi itu bisa saja didapat asal Marquez mendapat tambahan 18 poin atau minimal finis kedua di ajang MotoGP Malaysia.

Marquez diyakini tidak bisa mulus begitu saja melakoni MotoGP Malaysia karena ia kerap kesulitan untuk menaklukkan Sirkuit Sepang. Musim lalu saja, Baby Alien hanya finis di urutan ke-11 atau kalah bersaing dengan Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo yang berdiri  di podium.


Klik: Dovizioso Belum Menyerah Kejar Marquez


Lain dulu, lain sekarang. Marquez pun mengklaim sudah melakukan persiapan yang lebih baik agar kenangan manisnya menjuarai MotoGP Malaysia 2014 bisa terwujud. Sejauh ini, ia mengklaim sudah mengalami perkembangan dengan baik setelah melakoni pramusim di Sirkuit Sepang.

"Penampilan saya tidak terlalu buruk ketika melakoni pramusim beberapa waktu. Saya masih cepat dan bisa mendapatkan irama yang tepat. Tapi, sirkuit di sini memang membuat saya berjuang keras," ujar Marquez.

"Kami sudah banyak berkembang setelah menjalani pramusim. Urusan kelistrikan mengalami banyak perubahan dan bakal sangat menarik untuk melihat hasilnya pada akhir pekan mendatang," tambahnya.


Klik: Jadwal Lengkap MotoGP Malaysia 2017


Agar tetap menjaga peluang merebut gelar juara, Marquez mengaku bakal tampil hati-hati. Ia tidak akan gegabah dan tampil agresif seperti di GP Australia pada pekan lalu.

Faktor cuaca  Malaysia yang sulit ditebak menjadi salah satu alasan Marquez untuk tampil penuh perhitungan di Sepang. Itu belum ditambah perlawanan para rival yang punya punya rekam  jejak lebih baik di sana.

"Cuaca panas di sini membuat lintasan menjadi licin dan laju pun harus diperlambat. Gaya balapan agresif saya bahkan tidak bisa digunakan karena kecepatan saya tidak terlalu bagus.  Jika sudah begitu, saya harus balapan lebih lembut," papar Marquez.

"Faktor cuaca sunggu mustahil untuk ditebak. Tapi, target utama saya adalah bisa berada di podium. Tidak peduli siapa yang menang atau finis kedua, yang pasti saya fokus untuk bisa berada di podium," lanjut pembalap berjuluk Baby Alien tersebut.

Marquez sudah bergabung dengan ajang MotoGP sejak 2013 dan pernah menjuarainya sebanyak tiga kali (2013, 2014 dan 2016). Dari sekian banyak kesempatan itu, Marquez baru sekali menang di MotoGP Malaysia, yakni pada 2014.

Di atas kertas, Rossi masih lebih unggul karena berstatus sebagai pembalap yang paling sering menjuarai MotoGP Malaysia, yakni sebanyak enam kali. Selain itu, kebugaran Rossi juga makin membaik ketika finis kedua di ajang MotoGP Australia pekan lalu. (crash)

 


(ACF)