MotoGP 2018

Kronologi Yamaha Tech3 hingga Akhirnya Memilih Hafizh Syahrin

A. Firdaus    •    06 Februari 2018 15:45 WIB
MotoGP 2018
Kronologi Yamaha Tech3 hingga Akhirnya Memilih Hafizh Syahrin
Pembalap Malaysia Hafizh Syahrin (Foto: AFP)

Buriram: Monster Yamaha Tech3 memutuskan memilih Hafizh Syahrin sebagai salah satu pembalap yang akan turun pada tes pramusim MotoGP, Thailand. Menurut manajer tim Yamaha Tech3, Herve Poncharal, pembalap Malaysia itu adalah pilihan yang tepat.

Poncharal telah melakukan pembicaraan dengan beberapa pembalap demi mencari pengganti Jonas Folger. Ia juga sempat memilih Yonny Hernadez ketika tes pramusim berlangsung di Sirkuit Sepang Januari lalu.

Setelah itu muncul Hafizh Syahrin. Namanya kerap dibicarakan media sebagai pengganti Folger untuk kompetisi 2018. Tapi terkini, tim satelit itu untuk sementara memanggilnya pada tes Pramusim di Buriram, Thailand 16-18 Februari nanti. 

Klik di sini: Indonesia Sapu Bersih Kemenangan atas Singapura

"Saya sangat senang dan merasa terhormat memiliki kemungkinan menggaet Hafizh Syahrin bersama kami untuk tes pramusim di Buriram," ujar manajer tim Herve Poncharal.

"Seperti semua orang tahu. Jonas Folger memutuskan bahwa dia tidak bisa ikut balapan pada 2018, kami telah mencari siapa yang bisa menjadi pembalap pengganti yang tepat," terang Poncharal menjelaskan. 

"Setelah tes Sepang, kami mengadakan banyak pertemuan dan telah diputuskan bahwa Hafizh Syahrin akan menjadi pilihan yang sangat bagus untuk tim Monster Yamaha Tech3," lanjutnya.

Klik di sini: Donovan Mitchell Gantikan Posisi Gordon untuk Slam Dunk Contest

Memang, Poncharal masih menugaskan Hafizh Syahrin pada tes pramusim. Tapi bukan tak mungkin, mantan pembalap Kalex ini bisa menjadi permanen di tim yang bermarkas di Bormes Les Mimosas ini. 

"Saat ini, memang hanya tiga hari, tapi saya lebih yakin bahwa Hafizh akan menunjukkan kepada kita apa yang bisa dia lakukan. Dia masih muda, baru 23 tahun, dan telah meraih beberapa podium di kelas Moto2, yang tidak mudah," tutur Poncharal.

Hafizh finis di posisi 10 besar pada klasemen akhir Moto2 2017. Itu merupakan pencapaian besar bagi Yamaha Tech3 dan dianggap salah satu pembalap tangguh kategori tersebut.

"Seperti yang selalu saya katakan, memiliki pebalap muda jauh lebih berarti bagi tim daripada memiliki pembalap yang sudah mapan. Coba kita lihat hasil tesnya. Saat ini saya gembira dan benar-benar tak sabar untuk berada di Buriram untuk memutuskannya," harap Poncharal.

Tes Buriram, yang juga merupakan pertama kalinya MotoGP di Thailand, akan berlangsung pada 16-18 Februari. Kemudian akan ada satu lagi tes pramusim di Qatar, sebelum balapan dimulai di sirkuit Losail pada 18 Maret.

Melihat Debut Evan Dimas dan Ilham Udin Bersama Selangor FA



(ASM)