Tes Pramusim MotoGP 2019 di Qatar

Kendala Rossi pada Tes Pramusim Hari Kedua di Qatar

Kautsar Halim    •    25 Februari 2019 17:31 WIB
valentino rossites motogpMotoGP 2019
Kendala Rossi pada Tes Pramusim Hari Kedua di Qatar
Valentino Rossi. (William WEST / AFP)

Losail: Valentino Rossi membeberkan penyebab hasil negatif dirinya pada hari kedua tes pramusim di Qatar, Minggu 25 Februari malam waktu setempat. Menurutnya, itu terjadi karena sedang bereksperimen.

Rossi bertengger di posisi ke-19 pada sesi terakhir tes pramusim hari kedua di Qatar. Catatan waktu terbaiknya hanya 1 menit 55.795 detik atau berselisih hingga 1.202 detik dengan Alex Rins yang menjadi pembalap tercepat.

"Hari ini sulit dilalui. Saya berjuang keras di lintasan, khususnya dengan bagian belakang motor. Padahal kemarin (hari pertama), kami sudah dapat setelan dasar yang lumayan," kata Rossi seperti dilansir dari Crash.  
 

Klik: Rossi Tercecer, Alex Rins Tercepat pada Hari Kedua di Qatar


Sebelumnya pada tes hari pertama, Sabtu 23 Februari malam WIB, Rossi bisa tampil lebih baik dengan berada di urutan lima pada sesi terakhir. Catatan waktu terbaiknya mencapai 1 menit 55.604 detik atau berselisih kurang dari satu detik dengan Maverick Vinales yang memuncaki klasemen.

Menurut Rossi, hasil negatif pada hari kedua dikarenakan terlalu banyak perubahan di motor Yamaha YZR-M1. Tapi niat awalnya, perubahan itu dilakukan demi memperbaiki catatan waktu. 

"Ketika berusaha meningkatkan performa dengan mengubah setelan motor dan mencoba beberapa onderdil berbeda, hasilnya malah kurang beruntung," tutur Rossi.

"Saya selalu lambat dan benar-benar tidak bahagia dengan hasil ini. Besok, kami akan melakukan hal lain agar bisa kompetitif," tambahnya.

Para peserta MotoGP masih punya satu kesempatan lagi untuk menjajal motornya di Sirkuit Internasional Losail pada Senin 25 Februari malam waktu setempat. Setelah itu, tidak ada tes pramusim lagi hingga seri pertama MotoGP 2019 di Qatar, Minggu 10 Maret mendatang.



(ACF)