Jelang MotoGP Belanda

Fakta Sirkuit Assen yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Alfa Mandalika    •    22 Juni 2017 17:39 WIB
motogp 2017
Fakta Sirkuit Assen yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Suasana balapan di Sirkuit Assen. (Foto: MotoGP)

Metrotvnews.com, Assen: MotoGP 2017 masih berlangsung sengit. Akhir pekan ini, para pembalap beken bakal adu cepat di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu 25 Juni.

Sirkuit yang selalu menggelar Grand Prix sejak 1949 itu memang punya ciri khas tersendiri. Selain itu, dalam 11 tahun terakhir, belum pernah ada pembalap yang menang dua musim beruntun. Terakhir yang melakukannya ialah Valentino Rossi pada 2004 dan 2005.

Rossi juga bertekad mengulang memori manis di Assen. Ia tercatat sudah tujuh kali naik podium pertama sejak 2002.

Sebelum menyaksikan balapan, ada baiknya kita melihat sejumlah fakta Sirkuit Assen yang mungkin belum Anda ketahui:

Baca: Menelan Hasil Minor di Catalunya, Rossi Janji Kompetitif di Assen


- Sirkuit Assen sebelumnya selalu menggelar balapan pada hari Sabtu. Namun, mulai musim lalu (2016), Sirkuit Assen pertama kalinya menggelar balapan pada hari Minggu. Tahun ini mereka juga menggelar balapan Minggu.

- Bentuk asli Sirkuit Assen yang berukuran 16,54 km digunakan sampai 1954. Namun, 11 tahun kemudian, sikruit berkurang 7,7 km. Lalu, pada 1984, ada modifikasi lebih lanjut dan dikurangi lagi 6,1 km. Tata letak itu digunakan sampai saat ini dengan sedikit perbaikan kecil.

- Ada kejadian menarik di Sirkuit Assen saat menggelar balapan 500cc pada 1975. Ketika itu, ada dua pembalap yang finis dengan waktu yang sama. Barry Sheene dan Giacomo Agostini menyelesaikan balapan dengan catatan waktu yang sama sehingga membuat pencatat waktu kebingungan.

- Tim Yamaha adalah pabrikan paling sukses di Belanda sejak era MotoGP. Yamaha meraih delapan kemenangan. Sedangkan Honda meraih enam kemenangan. Dari enam kemenangan Honda dilakukan oleh enam pembalap berbeda yakni Valentino Rossi, Sete Gibernau, Nicky Hayden, Casey Stoner, Marc Marquez dan Jack Miller.

Baca: Lorenzo Yakin Bisa Lebih Baik Ketimbang Dovizioso


- Tim Ducati hanya mampu meraih sekali kemenangan di Sirkuit ASSEN. Momen itu terjadi pada 2008 yang diwakili oleh Casey Stoner. Tim Ducati juga meraih dua kali podium sejak enam tahun terakhir. Andrea Dovizioso berada di urutan kedua pada 2014 dan Scott Redding berada di urutan ketiga pada tahun lalu.

- Tim Suzuki belum pernah mencicipi gelar juara di Sirkuit Assen 14 tahun terakhir. Kemenangan terakhir diraih oleh pembalap Suzuki, Kevin Schwantz pada 1993. Hasil terbaik Suzuki di era MotoGP adalah finis kelima yang diwakili oleh John Hopkins (2007) dan Chris Vermeulen (2009).

- Pembalap yang paling sering menjadi juara di Sirkuit Assen ialah Angel Nieto dengan meraih 15 kemenangan di kelas 125cc dan 50cc. Lalu diikuti oleh Giacomo Agostini yang meraih 14 kemenangan dengan mengendarai 500cc dan 350cc.

- Di antara pembalap yang masih aktif sampai saat ini, Valentino Rossi merupakan pembalap yang paling sukses. Tercatat ia menang di Sirkuit Assen sebanyak sembilan kali. Tujuh kali di MotoGP dan masing-masing di kelas 250cc dan 125cc. (MotoGP.com) 

Video: Marc Marquez Waspadai Cuaca Buruk di Sirkuit Assen
 


(ASM)