MotoGP 2017

Zarco yang Ingin Tetap Membumi

A. Firdaus    •    09 Agustus 2017 08:55 WIB
motogp 2017
Zarco yang Ingin Tetap Membumi
Pembalap Yamaha Tech 3 Johann Zarco (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Brno: MotoGP Republik Ceko seakan menjadi pembelajaran berharga bagi Johann Zarco. Setidaknya membuat ia mengerti kalau dirinya harus tetap rendah hati.

Zarco kecewa dengan hasil pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Brno pada akhir pekan lalu. Gara-gara salah mengambil strategi masuk pit, ia harus finis di posisi ke-12.

Itu adalah pencapaian terburuk ketiga yang dialami pembalap asal Prancis tersebut. Sebelumnya Zarco pernah merasakan hal pahit dengan finis di posisi ke-14 di Belanda dan retire saat balapan pembuka di Qatar.

Klik di sini: Tiga Juara Dunia Jadi Pembawa Bendera Malaysia di Pembukaan SEA Games 2017

Selebihnya, dari 10 balapan yang telah dilakoninya. Zarco selalu mencapai di atas 10 besar. Di mana salah satunya ia merasakan podium di negaranya sendiri. Tak elak, pembalap Yamaha Tech 3 ino dan rekan setimnya menjadi rookie terbaik di antara para pembalap satelit lainnya.

Kini ia bisa merasakan bagaimana pelajaran itu bisa berarti penting. Setidaknya jika menyimak cerita Zarco usai menjalani tes di Brno, Senin 7 Agustus lalu.

Klik di sini: Menpora Happy Renovasi SUGBK Lampaui Target

"Saya masih mempelajari motor ini, jadi saya bekerja pada perasaan dan cara yang lebih baik untuk memperbaiki motor, dan juga komentar saya, ketika saya mengatakan sesuatu kepada tim karena melakukan arahan yang benar," ujar Zarco.

"Tes ini penting untuk hal-hal itu dan juga senang bisa menunggangi motor seharian penuh setelah balapan yang mengecewakan saya. Senang bisa menikmati banyak lap. Tim fantastis dan saya bahagia, 70 lap di Brno berjalan bagus," terangnya.

Pada sesi tes tersebut, Zarco menjadi pembalap tercepat kelima. Telat setengah detik dari pimpinan tes yang dipegang pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi.

"Saya pikir untuk balapan berikutnya kami memiliki informasi bagus dan bermanfaat. Jadi ketika saya menjalani latihan bebas, saya dapat dengan cepat merasakan dan memahami apa masalahnya," jelasnya.

Zarco akan menjalani debut di Red Bull Ring pada MotoGP Austria akhir pekan ini. Pembalap berusia 27 tahun itu punya kenangan manis di sirkuit ini, dengan memenangi balapan Moto2 pada tahun lalu.

Ali Adriansyah Koleksi 11 Poin dari 5 Seri WSSP300
 


(FIR)